qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

LAMONGAN: 5 Kecamatan Kini Terdampak Kekeringan Yang Kian Meluas

Lamongan, gerbangnusantaranews.com  Krisis air bersih akibat kemarau di Lamongan meluas. Sebelumnya hanya ada 2 desa di 2 kecamatan, kini meluas di 5 desa di sejumlah kecamatan di Lamongan.

Data yang dihimpun dari BPBD Lamongan, sebelumnya krisis air bersih baru melanda 2 desa di 2 kecamatan, yaitu Desa Sidomulyo, Kecamatan Modo dan Desa Bedingin Kecamatan Sugio. Kini krisis air bersih mulai melanda beberapa wilayah lain. Beberapa wilayah tersebut diantaranya adalah Desa Nogojatisari Kecamatan Sambeng, Desa Sukomalo Kecamatan Kedungpring, dan Desa Soko Kecamatan Tikung, Desa Kaliwates Kecamatan Kembangbahu"Data yang ada di kami, sekarang ada 5 desa di sejumlah kecamatan yang mengalami krisis air bersih," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin kepada wartawan, Kamis (17/9/2020).

Permintaan untuk air bersih dan sudah dilakukan dropping air bersih oleh BPBD Lamongan. Untuk penanganan wilayah terdampak krisis air bersih ini, terang Muslimin, BPBD Lamongan melakukan dropping air bersih dengan mengerahkan seluruh armada tangki yang dimiliki oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lamongan.
"Kami terus dan masih melakukan dropping air bersih ke warga dengan menggunakan seluruh armada," ujarnya.

Muslimin mengungkapkan wilayah di Lamongan yang dilanda krisis air bersih masih berpotensi terus bertambah. Pasalnya, BPBD Lamongan juga telah melakukan pemetaan terhadap desa yang berpotensi mengalami krisis air bersih.

"Desa-Desa yang sudah kami petakan tersebut adalah Desa-Desa yang ada di Kecamatan Sukorame dan desa di Kecamatan Bluluk. Untuk kecamatan Bluluk potensi ada di 3 desa yaitu Desa Songowareng, Cangkring, dan Talunrejo," jelas Muslimin.

 kekeringan sebagai dampak kemarau ini diperkirakan akan meluas seiring dengan prakiraan cuaca dari BMKG yang menyebut kalau musim kemarau tahun ini akan berakhir pada Oktober hingga pertengahan November. Untuk itu, Muslimin mengimbau Kepala Desa maupun masyarakat agar proaktif melaporkan kepada BPBD Lamongan, jika wilayahnya mulai mengalami krisis air bersih.

"Kita imbau kepada masyarakat yang desanya terdampak kekurangan air bersih, segera melapor ke Pak Bupati, dalam hal ini melalui BPBD," tandas nya.
(Dmw - abq )
Baca Juga

Related Posts