qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Kembangkan Wisata Kuliner Dengan Budi Daya Ikan Keramba di Waduk Pacal

Bojonegoro, gerbangnusantaranews.com Pemerintah Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro mengembangkan budidaya ikan keramba di Waduk Pacal yang mampu menampung air 21 juta meter kubik ini.


 Budidaya ikan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya para nelayan agar dapat meningkatkan pendapatannya. 


Waduk Pacal mempunyai luas 16.688 hektare selama ini mampu mengairi 13 ribu hektare areal persawahan. 


Saat musim kemarau seperti sekarang, waduk dimanfaatkan warga mengelola delapan keramba milik desa yang berisi 42.500 ekor ikan. 


Kepala Dusun Tretes, Desa Kedungsumber, Dampri menuturkan ada banyak jenis ikan di keramba tersebut. Diantaranya ikan patin 5.500 ekor, ikan bawal 9.500 ekor, ikan nila 22.000 ekor, ikan lele 4.500 ekor, dan ikan Gloso 1.000 ekor. 


“Budidaya ini dilakukan pertama kali pada Bulan April lalu dan kemarin sudah panen 2.000 ekor ikan patin dan 2.000 ekor ikan nila,” ujarnya Rabu kemarin.


Ia menjaskan budidaya ikan keramba ini sudah dilakukan 2 kali oleh kelompok nelayan namun belum membuahkan hasil maksimal. Lalu pemerintah desa melalui BUMDes Sumber Rrejeki berusaha untuk membudidayakan ikan keramba pada tahun ini.


 “Direncanakan setiap bulan bisa panen,” terangnya. Sedangkan, sistem pemeliharaan budidaya ikan keramba hanya bisa dilakukan ketika air tampung waduk pacal masih ada, seperti estapet dengan disesuaikan kosongnya keramba yang dipanen. 


“Namun saat waduk kering, budidaya ini tidak bisa dilakukan sehingga nelayan beralih untuk bertani di lahan waduk tersebut,” tambahnya. 


Untuk kedepan, Pemdes berencana akan membangun wisata kuliner ikan segar ala Waduk Pacal beserta tempat pemancingannya. 


Sehingga jika ada masyarakat yang berkunjung, mereka akan menikmati proses memancing serta makan langsung di tempat dengan pemandangan yang menyejukkan.(abq - ags)

Baca Juga

Related Posts