qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

HUT Tagana, Dinsos dan DP3AK Jatim berkolaborasi Tangani Bencana Responsif Gender

SURABAYA, GNN 

Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tagana ke-18 yang dirayakan Pemerintah Provinsi Jatim melalui Dinas Sosial (Dinsos), Senin (28/3/2022) menandai kolaborasi antara Dinsos dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Jatim dalam penanganan bencana responsif gender. Dalam pelaksanaannya, kolaborasi ini akan melibatkan Tagana yang merupakan salah satu pilar sosial Dinsos dalam penanganan bencana.

Kolaborasi ini merupakan pengejawantahan dari arahan yang selalu disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada OPD Pemerintah Provinsi Jatim, yakni rembug nyekrup. Sebelumnya, Dinsos dan DP3AK telah bekerja sama dalam penanganan perempuan dan anak korban kekerasan, kini sinergi tersebut semakin terjalin dengan adanya kolaborasi penanganan bencana responsif gender.

Kepala Dinsos Jatim, Dr Alwi Mhum, mengatakan, DP3AK Jatim memiliki tupoksi pemberdayaan perempuan dan anak dan memiliki kedekatan tupoksi dengan Dinsos Jatim. "Upaya sinergi terhadap penanganan ibu dan anak, nantinya bisa lebih optimal. Sinergi ini dibangun guna memperlancar pelaksanaan tugas masing-masing," katanya.

Terkait permintaan untuk memberikan edukasi pengurangan risiko atau mitigasi bencana kepada komunitas perempuan dampingan DP3AK, Alwi sangat menyambut hal itu. Dia menjelaskan, Provinsi Jatim merupakan provinsi yang rentan bencana. Oleh karena itu, upaya mitigasi harus dilakukan Tagana dengan berbagai pihak, di antaranya juga dengan berbagai komunitas, termasuk komunitas perempuan, sehingga bisa menekan korban bencana maupun kejadian korban bencana.

"Saya sangat berterima kasih, upaya mitigasi bencana tidak hanya dilakukan satu atau dua elemen, tetapi semuanya. Ini berarti memperluas keterjangkauan terhadap pelaksanaan mitigasi bencana," tuturnya.

Kepala DP3AK Jatim, Restu Novi Widiani Novi, menjelaskan, perempuan sangat penting mendapatkan edukasi mitigasi bencana karena sangat sibuk saat bencana. Banyak yang dilakukan perempuan, mulai dari menyelamatkan anak, dokumen, evakuasi, dan lainnya. Pihaknya berjejaring dengan berbagai komunitas perempuan. Antara lain, komunitas ojol perempuan, IWAPI, Muslimat NU, dan sebagainya. Dengan memberikan edukasi kebencanaan kepada perempuan, maka akan sangat membantu pengurangan risiko bencana di Jatim.

Lebih lanjut, Novi menyampaikan, rembug nyekrup ini didasari karena Tagana merupakan relawan binaan Dinsos Jatim yang menangani

permasalahan sosial dan kebencanaan, sedangkan DP3AK Jatim menangani permasalahan perempuan dan anak, termasuk saat terjadi bencana. Menurut dia, anggota Tagana Jatim yang berjumlah 1.908 orang bisa dioptimalkan dalam sinergi dengan DP3AK Jatim, utamanya pada sub kluster perlindungan perempuan dan anak serta pemberdayaan perempuan.

 “Rembug nyekrup seperti ini mungkin satu-satunya di Indonesia. Kita akan jadi pelopor penanganan bencana responsif gender," tegasnya.

Sebagai langkah awal penanganan bencana responsif gender, di hari yang sama usai perayaan HUT Tagana, pihaknya melatih Tagana untuk memilah data korban bencana, terutama perempuan, anak, disabilitas, dan lansia. “Ini perlu dioptimalkan Tagana, karena seringkali pendataan menjadi hal yang sulit ketika bencana," katanya.

Pihaknya juga menyiapkan “Tenda Ramah Anak” sebagai perlindungan bagi perempuan dan anak di lokasi bencana. Nantinya, tenda tersebut akan bekerja sama dengan relawan Tagana. Nantinya dalam pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB), pihaknya juga akan men-support dengan menyediakan Tenda Ramah Anak.

“Kami mengusulkan ada koordinator Tagana perempuan di setiap kabupaten/kota yang nanti disiapkan untuk men-support kegiatan DP3AK Jatim yang berhubungan dengan perempuan dan anak," ujar Novi yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Dinsos Jatim ini.

Dia memaparkan, support itu berupa turut serta dalam penanganan kekerasan perempuan dan anak dalam kebencanaan, mencegah usia pernikahan dini pada pasca bencana, serta mencegah bullying pada saat bencana. Pemberdayaan perempuan juga bisa dilakukan Tagana dengan menyiapkan masakan seperti di dapur umum yang menjadi keahlian Tagana, serta mendampingi korban bencana untuk mandiri dengan merintis usaha.(kj/red)






 

 

Baca Juga

Related Posts