qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Koramil Pacet Bersama Tim Gabungan & Relawan Bersihkan Material Longsor Mligi

MOJOKERTO, GNN  

Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815/Mojokerto mengerahkan satu regu personelnya melaksanakan pembersihan tanah longsor di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (10/03/2022) malam hingga Jum'at (11/03/2022) dini hari. 

Terjadinya longsor pada tebing jalan penghubung antara Kecamatan Pacet dan Trawas ini disebabkan hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Mojokerto termasuk dibagian selatan yang merupakan kawasan rawan bencana (KRB). Hujan dengan intensitas tinggi sejak Kamis sore hingga malam.

Saat dikonfirmasi Danramil 0815/16 Pacet Kapten Caj M. Luthfi Anam, tidak menampik adanya kejadian longsor diwilayahnya, yang terjadi pada Kamis malam. “Pertama kali longsor diketahui warga pengguna jalan yang menginformasikan ke Piket Koramil Pacet Koptu Dozier, selanjutnya Piket Koramil bersama Babinsa Claket meluncur ke lokasi kejadian”, ungkapnya.  

Masih kata Danramil, material longsor berupa campuran tanah dan batu serta rumpun bambu, dari ketinggian tebing sekitar 7 meter, lebar kurang lebih 5 meter dengan ketebalan ± 60 centimeter menutup badan jalan penghubung Pacet – Trawas.  ”Meskipun tidak ada korban jiwa namun akibat kejadian ini arus lalu intas sempat terhambat selama beberapa jam”, katanya

Lebih lanjut dikatakannya, untuk menanggulangi kejadian longsor ini, malam itu juga pihaknya koordinasi dengan Forpimka (Camat dan Polsek), BPBD dan PUPR, Relawan dan Pemerintah Desa untuk melakukan karya bakti pembersihan material longsor. 

“Sekitar pukul 21.45 WIB kita lakukan kerja bakti dengan alat seadanya, dan sekitar pukul 23.40 WIB alat berat berupa satu unit ekskavator dari Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto tiba di lokasi dan langsung melakukan pembersiahan material longsor yang banyak di dominasi tanah bebatuan dan rumpun bambu. Kemudian pada Jum'at (11/03/2022) pukul 00.45 WIB dini hari, tim gabungan selesai melakukan pembersihan material tanah longsor, dan jalan raya penghubung Pacet - Trawas kembali normal”, bebernya.

Dijelaskan Danramil, jalur penghubung antara kawasan wisata Pacet - Trawas ini, kerap kali diterjang longsor. Hal ini dikarenakan wilayah ini berada didaerah ketinggian sehingga intensitas hujan cukup tinggi. Selain itu kontur tanah perbukitan yang kurang stabil. ”Tidak heran bila disetiap musim hujan wilayah ini sering terjadi longsor walaupun skalanya kecil”, jelasnya.  

Pantauan dilapangan Tim Gabungan dari TNI dari Koramil 0815/Pacet dipimpin Serma Roso Eko Priyanto, Polsek Pacet dipimpin Ipda Sunarno, Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto, BPBD Kabupaten Mojokerto, DLH Kabupaten Mojokerto, Kades Claket Umbar Mulyadi beserta warga masyarakat, Relawan PMI, NU dan Welirang bergotong royong mengevakuasi material longsoran.(k-if)

Baca Juga

Related Posts