qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Rakersus LPNU Gresik, Bahas Pendirian BMT dan Koperasi

Gresik, GNN

Lembaga Perekonomian Nahdhatul Ulama (LPNU) Gresik menggelar rapat kerja khusus (Rakersus) bersama jajaran pengurus barunya di Rumah Makan Elan 2 Jalan Veteran Kecamatan Gresik, Sabtu (09/04/2022) Rapat kerja perdana ini membahas beberapa program kerja yang akan dijalankan selama satu periode ke depan. 

Acara diawali dengan pemaparan penasehat LPNU Gresik, Moch. Rodli terkait gambaran besar tugas dan kinerja LPNU sebagai Lembaga resmi di bawah naungan Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Gresik. 

“Lembaga ini mengurusi perekonomian yang ada di NU, apakah pelaku perekonomian ini sudah sesuai dengan syariat islam atau tidak, dan apakah warga NU sudah benar-benat sulit mendapat kerja atau punya uang tidak bisa kerja,” terang Rodli. 


Maka, sambung Rodli, LPNU harus bisa mengakomodir segala potensi perekonomian yang mengarah pada kesejahteraan masyarakat, khususnya warga Nahdhiyyin di Kota Santri, sebutan lain Kabupaten Gresik.

“Segala potensi terutama usaha-usaha masyarakat berbasis UMKM harus diberdayakan, sehingga ke depan kehadiran LPNU Gresik mampu membawa kesejahteraan khususnya kepada warga Nahdhiyyin di Gresik,” terangnya. 


Sementara itu, Ketua LPNU Gresik Musa mengungkapkan, sesuai hasil ta'aruf Lembaga dengan PCNU beberapa waktu yang lalu, ada dia program kerja yang menjadi prioritas selama satu periode ke depan, yakni penguatan Jam’iyah dan Jama’ah. 

“Membangun jaringan usaha warga NU bidang UMKM, dengan support melalui fasilitasi marketing dan pelatihan-pelatihan,” ujar Musa. 


Menurutnya, ada beberapa cara dalam mewujudkan program prioritas yang bermuara pada penguatan ekonomi Jam’iyah dan Jama’ah, diantaranya mendirikan Baitul Maal WA Tamwil (BMT) dan Koperasi.

“Untuk itu kita fokus terhadap kesejahteraan ekonomi warga nahdhiyyin, diantaranya dengan mendirikan BMT dan Koperasi, atau dengan melakukan pendampingan kelompok usaha rintisan warga NU, ” tandas dia. 

Kendati demikian, ucap Musa, perlu kekompakan dan ketelitian seluruh pengurus LPNU Gresik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab agar segala target program kerja terwujud. 

“Saya berharap kita semua yang ada di kepengurusan LPNU Gresik senantiasa kompak dan bersinergi, agar segala program kerja yang kita rumuskan dapat seluruhnya terwujud,” tutupnya.(Hoo)

Baca Juga

Related Posts