qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Saluran Drainase Tidak Lancar, Air Genangi 1 Rumah Warga Dusun Sambiroto, Balongpanggang

GRESIK, GNN 

Akibat Saluran drainase yang tidak lancar  air  meluap dan menggenangi 1 rumah warga diwilayah Balongpanggang khususnya rumah Sutradi (85) dusun Sambiroto Desa Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Senin,04/04/2022.

Setelah 2 hari hujan deras dan hujanpun sudah berhenti kondisi air dalam rumah Sutradi masih tergenang air yang berasal dari belakang rumah menuju ke kali utama tidak bisa mengalir atau mampet, sampai saat ini belum ada perubahan, lantaran serapan drainase yang tidak lancar itu membuat genangan air masih terjadi sampai saat ini. 

"Saluran utama (drainase) tidak begitu lancar sehingga tidak mampu menampung debit air yang begitu tinggi, apalagi drainase selama ini tidak dibersihkan dan kurang di perhatikan," kata Sri Rahayu pemilik warung "MEMBER MEKAAR" yang merupakan anak pertama dari korban banjir Sutradi.

Pengakuan dari Sutradi, "Bagaimana tidak susah setiap musim penghujan rumah kami selalu menjadi langganan banjir dan tidak ada tindakan dari pemerintahan Daerah (Pemda)untuk perbaikan kali saluran utama (Drainase)  tepatnya depan UPT  Sekolah Dasar Negeri (SDN 120 Gresik), ketinggian genangan air sekitar 15 - 30 cm yang awet dan berhari hari dan kejadian ini sudah kami alami setiap tahun selama musim penghujan.ungkapnya

Sutradi juga berharap untuk pemerintahan desa (Pemdes) Balongpanggang agar memperhatikan kami selaku korban banjir yang menjadi langganan tiap tahun ini,harapan kami segera di perbaiki untuk drainase tersebut,"harapnya.

Mendengar kabar  tersebut Iwan Budi Siswanto selaku PAC pemuda pancasila (pp) dengan sigap langsung memberikan sedikit bantuan berupa sembako kepada keluarga Sutradi yang rumahnya terendam banjir tersebut. 

Iwan Budi kepada Wartawan mengatakan," Menanggapi hal ini Pemdes Balongpanggang sudah melakukan laporan dan pengajuan kepada pihak PU untuk segera meninjau dan perbaikan agar saluran air bisa lancar kembali,sehingga tidak ada korban banjir lagi yang selalu menggenangi rumah warga khususnya diwilayah Kecamatan Balongpanggang,"ungkapnya.

Iwan juga mengatakan bahwa dari pihak dinas pekerja umum (PU) sudah memantau keadaan drainase yang ada di dusun Sambiroto ini namun sampai saat ini masih saja belum ada tindak lanjut perbaikan drainase.ujarnya.(mhr)

Baca Juga

Related Posts