qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Sosialisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, Oleh Dinsos Gresik

GRESIK, GNN  
Kegiatan sosialisasi perubahan instrumen data evaluasi hasil pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Gresik di aula Putri Mijil Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Selasa (5/4/2022) pukul 09.00 WIB.

Selain Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gresik dr Ummi Khoiroh, M.Kes, juga hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Nurul Fuad, S.Sos MM, Pengelola Data Dinas Sosial Kabupaten Gresik Amirul Muminin, kepala desa, lurah, TKSK, dan PKH se-Kecamatan Gresik dan Kebomas.
Dalam Sambutanya Kepala Dinas Sosial Gresik, dr Ummi Khoiroh MKes, mengatakan, kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan bertahap ke kecamatan dan desa se-Kabupaten Gresik.

“Kegiatan ini berlangsung selama seminggu ke depan dan dilaksanakan secara bergilir sehingga 356 kepala desa dan lurah tersosialisasikan. Data yang masuk dalam DTKS masih belum akurat, oleh karena itu perlu adanya sosialisasi bertahap,” jelasnya.
Sementara itu, Pengelola Data Dinas Sosial Kabupaten Gresik, Amirul Muminin, menjelaskan perubahan metode pemutakhiran DTKS dari SIKS ke excel. Dia juga meminta agar operator desa dan kelurahan lebih aktif dan melakukan pengelolaan data sesuai dengan kondisi riil di lapangan.

“Untuk memaksimalkan DTKS, operator desa atau kelurahan harus bekerja sama dengan pilar sosial pendamping desa PKH dan TKSK untuk mewujudkan data yang akurat dan akuntabel serta dapat melaksanakan tahapan yang harus dikerjakan sesuai alur yang tertera dalam Permensos No. 3/2021 tentang pengelolaan DTKS,” tegasnya. (kj/WLO)
Baca Juga

Related Posts