qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Warga Desa Tebuwung Tumpah Ruah, Saat Karnaval Kemerdekaan RI yang Ke 77

Gresik, GNN 

Di ujung penghabisan bulan agustus ini menjadi momen yang teristimewa bagi warga desa Tebuwung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Pasalnya hari ini menjadi kado terindah untuk mengeskplorasi dan inovasi dengan menampilkan berbagai macam pakaian kemerdekaan, budaya, dan adat daerah untuk menyemarakkan karnaval kemerdekaan yang diselenggarakan pemdes setempat.

Keikutsertaan karnaval kemerdekaan tersebut melibatkan mulai RT 01 sampai 26 bersama warga mulai bapak bapak ibu ibu anak anak remaja dan dewasa. Serta kreasi pakaian perjuangan, pertanian, keagamaan, budaya, adat yang menjadi miniatur dari NKRI.(30/8/2022)

Karnaval kemerdekaan dimulai start lapangan Suwiji desa Tebuwung dan diakhiri finish dilapangan yang sama. Berbagai macam pengeras suara sound sesytem berjalan menambah riuh dan semaraknya karnaval kemerdekaan. Dan tak kalah meriahnya berbagai macam hiburan yang ditampilkan seperti Reog dari kota Mojokerto dan satuan drumband dari payaman paciran lamongan dan diaroma penyiksaan warga Negara Indonesia saat dijajah Belanda maupun Jepang dengan sistem kerja Rodi maupun Romusha.

Dengan rute keliling desa Tebuwung dengan mengusung tema perjuangan, kemerdekaan, dan semangat persatuan sepanjang jalan desa warga menyaksikan karnaval dengan mendokumentasikan dengan HP baik dengan selpie dan swafoto sesama komunitas warga masing masing.

Moh Hita' Wajdi Kades Tebuwung usai pemberangkatan karnaval kemerdekaan mengatakan, gembira dalam suasana kemerdekaan tahun ini warga bisa mengisi kemerdekaan dengan giat karnaval." Alhamdullah ini bagian kita warga untuk mengisi kemerdekaan dengan guyup rukun serta membersamai kebersamaan untuk kompak bersatu." Jelasnya.

Sementara itu Ketua BPD Tebuwung Ahmad Munir menjelaskan, giat karnaval ini dengan tujuan untuk membangun semangat kebersamaan antar warga, pemdes dan seluruh elemen masyarakat." Hampir 2 tahun kegiatan seperti ini vakum akibat pandemi covid 19." Ujarnya

Munir berharap perayaan kemerdekaan ini kita buat dengan hal hal yang positif untuk meningkatkan kapasitas SDM baik pendidikan, ekonomi dan pelayanan kepada masyarakat untuk lebih baik." Tutup Munir yang juga anggota Banser senior Gresik.

Diakhir karnaval diisi dengan pengundian hadiah dorprize yang menarik dengan hadiah utama sebuah kulkas dan hadiah menarik yang lainya. (Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts