qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Sedekah Bumi dan Haul Syekh Ahsanuddin Qoyyim Desa Tumapel, Dihadiri Wakil Ketua DPRD Gresik

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com

Pemdes dan Masyarakat Tumapel, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Hari ini (Kamis) 08 September 2022 selenggarakan kegiatan rutin tahunan yakni Sedekah Bumi serta Haul Syekh Ahsanuddin Qoyyim (Mbah Raden Cilik), yang dipusatkan di pesarean (makam) Desa Tumapel.

Kepala desa Tumapel Ziadatul Akmal, SH., dalam sambutannya menyampaikan Sedekah bumi dan haul sendiri merupakan bentuk atau wujud ungkapan rasa syukur warga masyarakat atas karunia yang diberikan Allah SWT dan sekaligus sebagai wujud penghormatan kepada leluhur yang telah tiada. 

Kades yang akrab dengan sapaan Aida ini juga menambahkan bahwa banyak hal-hal positif yang dapat diambil dari pelaksanaan tradisi sedekah bumi dan haul seperti ini, sebab didalamnya ada nilai-nilai luhur yang dapat dipetik bagi generasi penerus nantinya. 

Lebih lanjut Ia me jelaskan terkait rangkaian acara haul dan sedekah bumi ini, diantaranya acara kamis Tahlil dan doa bersama di makam, untuk Hari Jum'at seluruh warga desa Tumapel membawa ambeng ke makam lalu di doakan dan malam harinya ditutup dengan pembacaan Manaqib dan Sholawat Ishari se anak cabang Duduksampeyan Benjeng dan Sarirejo.

Sementara Wakil Ketua DPRD Gresik Hj Nur Saidah, yang hadir pada puncak acara tersebut, dalam sambutanya Ia menyampaikan sekaligus mengingatkan mengingatkan agar tradisi seperti ini tetap dilestarikan dan tentunya juga terus mengingatkan agar warga masyarakat Desa Tumapel tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini mengingat bahwa kesehatan adalah hal utama bagi masyarakat.

Nur Saidah juga mengapresiasi atas guyub rukunya warga Desa Tumapel dalam melaksanakan semua kegiatan, sebab dirinya juga melihat kekompakan itu tidak hanya malam ini, tapi sejak karnaval HUT Ke 77 RI, Ia sudah merasakan kekompakan dan semangat gotong royong yang ada di desa ini, pungkas politisi Gerindra ini.

Acara sedekah bumi dan haul Syekh Ahsanuddin Qoyyim (mbah Raden Cilik) lalu dilanjutkan dengan Pembacaan Yasin, tahlil dan kirim doa bagi segenap leluhur warga desa. 

Dalam acara tahunan ini selain dihadiri warga masyarakat juga di hadiri dihadiri para Kyai, Tokoh masyarakat, pejabat terkait terutama dari jajaran muspika Duduksampeyan (Camat, Kapolsek dan Danramil), BPD, Perangkat Desa, PKK, Kartar dan unsur desa lainnya dengan menghadirkan penceramah dari Surabaya Syaiful Arif dan Habib Ahmad dari Gresik.(WLO)


Baca Juga

Related Posts