Naik Kereta Kencana, Camat Benjeng Ikuti Kirab Budaya Sedekah Bumi Dusun Ngablak Desa Kedungrukem - Gerbang Nusantara News

22 Oktober 2022

Naik Kereta Kencana, Camat Benjeng Ikuti Kirab Budaya Sedekah Bumi Dusun Ngablak Desa Kedungrukem

Gresik, GNN 

Sedekah Bumi Sedekah Bumi Dusun Ngablak Desa Kedungrukem Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik terlihat meriah dan istimewa sebab dalam rangkaian kegiatan tersebut ada kirab budaya yang diikuti oleh 6 RT dan seluruh warga dengan aneka gunungan hasil bumi, dan pada acara kirab tersebut diikuti langsung oleh Camat Benjeng Dra. Hj. Siti Sulichah dengan mengendarai kereta kencana bersama Istri kepala dusun Ngsblak.

Saat membuka acara Camat Benjeng Siti Sulichah menyampaikan apresiasi atas kekompakan dan kesadaran warga masyarakat dusun Ngablak bersedekah dan melestarikan budaya leluhur. 

Selain itu Ia juga berpesan bahwa kegiatan Sedekah bumi yang merupakan bagian dari ikhtiar masyarakat dalam ungkapkan syukur, hendaknya di jadikan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT. dengan harapan Alloh Selalu memberikan keselamatan, rizki yang melimpah dan berkah serta kita semua selalu dijauhkan dari segala macam musibah, pungkasnya 

VIDIO KIRAB DUSUN NGABLAK

Sementara Kepala Desa Kedungrukem Bayu Prahaja Hadinata, S.Sos., ditempat yang sama menyampaikan selamat dan sukses kepada kepala dusun, Panitia Sedekah dusun serta masyarakat Dusun Ngsblak atas acara yang diselenggarakan.

Bayu juga bangga melihat kerukunan yang terjaga di dusun Ngsblak ini, Ia juga berpesan agar kedepan semakin guyub rukun sehingga kegiatan semacam ini bisa semakin meria sebab selain ungkapkan syukur ini juga bagian dari melestarikan budaya dan juga bisa dibilang ruwatan dusun, sebab dalam acara tersebut juga ada doa bersama.

Bayu juga menyinggung bahwa di Dusun Ngsblak ini banyak potensi yang bisa dikembangkan, seperti adanya pengrajin dari bahan baku bambu yang dijadikan produk yang bernilai diantaranya sangkar burung, tusuk sate, tusuk gigi, kipas dan lain sebagainya.

Acara kirab tersebut ditutup dengan doa bersama dan penyerahan cindera mata kepada masing masing RT atas partisipasinya dalam acara sedekah dusun ini, dan pada malam harinya di selenggarakan hiburan rakyat kesenian wayang kulit.(WLO)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda