qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Ditpolairud Polda Jatim Bersama Polres Gresik Tinjau Banjir Gresik

GRESIK, GNN gerbangnusantaranews.com 

Ditpolair Polda Jatim bersama Polres Gresik meninjau banjir yang melanda beberapa Desa di wilayah Kecamatan cerme,  Kecamatan  Driyorejo dan Kecamatan  menganti kabupaten Gresik. Banjir  disebabkan meluapnya sungai  kali lamong dan anak sungai Brantas sehingga tergenang air akibat terjadinya Naiknya Volume Air Serta Hujan deras, sehingga Terjadi genangan air akses jalan poros desa dan pemukiman sebagian warga.

"Kami melakukan pemantauan di beberapa Desa di wilayah gresik, Kecamatan Driyorejo, Kecamatan Menganti, Kecamatan Cerme kabupaten Gresik, yang tergenang air atau  banjir akibat dari terjadinya Hujan dan Debit air naik dari Sungai Kali lamong dan anak sungai kali Brantas," tegas Ditpolairud Polda Jatim AKBP Puji Hendro Wibowo.Kamis(23-02-2023) 


Setelah di laksanakan monitoring dan pemantauan untuk wilayah Kecamatan driyorejo dan Kecamatan menganti dan kecamatan cerme sampai saat ini banjir sudah surut dan masih ada genangan air sedikit di pemukiman warga dan jalan.

Adapun dampak tiga kecamatan yang berdampak banjir sebagai berikut :


1. Kecamatan Driyo

a. Desa Banjaran ketinggian air 10 cm

b. Desa Sumput ketinggian air 10 cm

c. Desa Krikilan sudah surut

d. Desa driyorejo ketinggian air 10 cm

e. Desa mbambe ketinggian air 10 cm


2. Kecamatan Mengant 

a. Desa Mboboh ketinggian air 80 cm

b. Desa bringkang ketinggian air 50 cm

c. Desa Pranti ketinggian air 50 cm

d. Desa gading Watu ketinggian air 30 cm


3. KECAMATAN Cerme

a. Desa Morowudi ketinggian air 75 cm

b. Desa iker iker geger ketinggian air 50 cm

c. Desa Pandu ketinggian air 85 cm

d. Desa Njono ketinggian air 70 cm

Hingga pukul 12.00  Wib air masih menggenang di jalan desa dengan ketinggian 12 cm di sebabkan jalan desa masih tergenang karena tidak ada drainase yang memadai.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom menjelaskan bahwa pemukiman warga yang terdampak banjir sudah berangsur - angsur surut hanya bekas lumpur yang masih tersisa. 

"Dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa namun mengakibatkan tergenangnya jalan desa, Jalan Raya, beberapa rumah warga dan areal persawahan dan tambak, juga menghimbau kepada masyarakat agar waspada dengan cuaca baik hujan maupun angin kencang yang saat ini cukup ekstrim, pungkas Kapolres Gresik

Dalam kesempatan itu Ditpolairud Polda Jatim bersama Polres Gresik menyalurkan Baksos paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Banjir.(Didik Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts