BPJS Kesehatan Geesik Hadir Lebih Dekat dengan Warga di Pedesaan - Gerbang Nusantara News

31 Mei 2023

BPJS Kesehatan Geesik Hadir Lebih Dekat dengan Warga di Pedesaan

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Mobile Customer Servive (MCS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Cabang Gresik menggandeng Sekolah Perempuan (Sekoper) untuk bersama-sama menjangkau layanan BPJS Kesehatan hingga ke daerah pedesaan atau terpencil. MCS sendiri merupakan media untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (Program JKN).Sedangkan Sekoper adalah wadah pembelajaran yang mengelola pengetahuan perempuan yang utamanya dikembangkan di komunitas-komunitas miskin pedesaan, perkotaan, pesisir dan kepulauan terpencil. 

“Program dari Sekoper ini sejalan dengan program kami yakni Mobile Customer Service (MCS). Program ini merupakan program jemput bola yang dikhususkan untuk menjangkau daerah pedesaan hingga terpencil. Dengan seperti itu kami bisa lebih dekat dengan warga yang kesulitan untuk akses teknologi maupun akses ke kantor sehingga kami menyediakan layanan di balai desa,” terang Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Janoe Tegoeh Prasetijo. 

Janoe menegaskan layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan di kegiatan tersebut antara lain Pendaftaran Peserta JKN, baik untuk Pendaftaran Peserta Baru maupun Penambahan Anggota Keluarga, dan Perubahan atau Pengkinian Data Peserta JKN. Selain itu, Janoe mengajak seluruh warga Kesamben Kulon untuk memanfaatkan layanan digital BPJS Kesehatan.

“Kami memberi kesempatan kepada warga Kesamben Kulon untuk bisa mengakses pelayanan seperti pendaftaran atau perubahan data. Sambil lalu kami edukasi untuk beralih ke layanan digital yakni Aplikasi Mobile JKN. Kami informasikan kepada warga mulai dari cara mengunduh, mendaftar hingga manfaat dari fitur-fitur yang ada. Diharapkan dengan Mobile JKN, jika peserta membutuhkan layanan seperti ubah data dan sebagainya cukup melalui smartphone masing-masing yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Janoe menyebutkan berbagai fitur Aplikasi Mobile JKN, yaitu fitur Informasi Lokasi Faskes, Data Peserta, Perubahan Data Peserta, Informasi Iuran, Pendaftaran Auto Debit, Informasi Ketersediaan Tempat Tidur Pendaftaran Pelayanan (Antrean), Konsultasi Dokter, Pendaftaran Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), Skrining Riwayat Kesehatan, Informasi Riwayat Pelayanan, Informasi Riwayat Pembayaran, Informasi Jadwal Tindakan Operasi, Skrining Mandiri Covid-19, serta Pengaduan Layanan JKN.

“Mobile JKN juga bisa digunakan untuk menampilkan kartu JKN digital. Mengingat saat ini, peserta JKN yang membutukan akses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan tidak perlu lagi membawa kartu fisik melainkan cukup membawa kartu digital atau KTP,” tegas Janoe. 

Inovasi layanan tersebut mendapat apresiasi dari segenap jajaran pengurus Sekoper Daerah Kesamben Kulon. Leader Sekoper Daerah Kesamben Kulon, Lilik Supriati juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat bersyukur bisa bersama-sama dengan BPJS Kesehatan memberikan kemudahan mengakses layanan JKN bagi warga di Kesamben Kulon. 

“Kami harap program MCS ini bisa terus rutin dilaksanakan, dan semoga BPJS Kesehatan terus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Hal ini karena melihat masyarakat sudah banyak yang merasakan manfaat BPJS Kesehatan sehingga besar harapan mereka akan Program JKN ini,” ujar Lilik. 

Tidak ketinggalan, Sekretaris Desa Kesamben Kulon, Alimin Hidayat menyampaikan bahwa pihaknya sangat terbantu dengan kedatangan MCS BPJS Kesehatan ke desanya. Menurutnya, masalah kesehatan merupakan masalah utama yang harus diperhatikan sehingga Ia bersedia terus memberikan dukungan terhadap Program JKN. 

“MCS ini yang paling kami tunggu-tunggu. Alhamdulillah dengan MCS ini ada kesempatan bertanya sepuasnya kepada petugas BPJS Kesehatan, sehingga warga di sini bisa lebih puas jika bertemu langsung. Kami sangat mendukung program pemerintah ini, agar semua masyarakat bisa secara merata mengetahui bahwa akses layanan JKN saat ini mudah dan cepat,” katanya. 

Sementara itu, selain menggunakan KTP peserta JKN dapat mengakses layanan di fasilitas kesehatan menggunakan kartu JKN digital yang ada di Aplikasi Mobile JKN yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Setelah berhasil, bagi peserta yang belum memiliki akun Mobile JKN dapat memilih menu Daftar dengan mengisi data pribadi dan konfirmasi dilakukan melalui nomor telepon atau email. Sedangkan, bagi peserta yang sudah memiliki akun, cukup melakukan Log In dengan mengisi nomor identitas peserta dan kata sandi. (Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda