qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Wakil Bupati Gresik : Pramuka Pra Siaga Membentuk Pengembangan Karakter Kebangsaan Bagi Anak

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Pramuka Pra Siaga sangat penting bagi anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Khususnya dalam memberikan pemahaman dan mengajarkan etika yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gresik dalam sambutannya. Saat membuka Workshop Pra Siaga bagi para guru PAUD Se-Kabupaten Gresik.

"Pramuka Pra Siaga bertujuan untuk mempercepat kecerdasan anak, bagaimana menggali potensinya, "tuturnya.

Kegiatan digelar di Aula Ainul Yaqin Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik diikuti ratusan guru PAUD dan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Gresik, Jum'at (23/6/2023) tersebut. Wabup berpesan kepada para pengajar utamanya dalam membimbing anak didiknya agar dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki untuk proses tumbuh-kembang ke depannya.

"Pramuka Pra Siaga bertujuan memperkuat karakter anak usia dini. Keberadaannya cukup penting mengingat anak usia dini masih memerlukan bantuan serta bimbingan dalam menggali potensi yang dimiliki, "ungkap wabup.

Selain itu, salah satu ekstra wajib anak sekolah dari SD sampai SMA adalah Pramuka. Kurikulum merdeka mengajarkan Pramuka senantiasa memberikan materi dengan nilai nilai pembelajaran untuk pengembangan karakter kebangsaan.

"Nilai-nilai ini harus diperkenalkan mulai dari anak-anak PAUD atau Prasiaga. Melalui kegiatan ini untuk lebih mencintai negara melalui kegiatan Pramuka, "pungkasnya.

Di tempat sama Kepala Dinas Pendidikan S. Hariyanto mengatakan, maksud dan tujuan pelaksanaan Prasiaga Paud ini untuk menyamakan persepsi. Bagaimana dan apa itu Pramuka Pra Siaga.

"Pramuka pra siaga yang berusia 7 hingga 10 tahun akan sangat mudah menerima pola pendidikan karakter. Untuk itu dengan mengikutsertakannya pada kegiatan Pramuka akan mudah membentuk kepribadian baik anak, "terangnya.

Dirinya mengapresiasi peran dan kontribusi guru PAUD dalam mendidik siswanya. "Atas pengabdiannya juga, Pemerintah Kabupaten Gresik tahun ini insya Allah guru PAUD akan diberikan insentif sebesar 250 ribu, "kata Hariyanto.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Victor Tatuah Praktisi Prasiaga Paud, Ketua Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Provinsi Jatim Moch. Yusuf, Ketua IPI Kabupaten Gresik Abdul Karim, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sekolah Nanang serta Kabid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nur Fadilah.(dvd)

Baca Juga

Related Posts