Istighosah dan Ludruk Budhi Wijaya Meriahkan Sedekah Bumi Dusun Sawen Desa Tanjung Kedamean - Gerbang Nusantara News

27 Juli 2023

Istighosah dan Ludruk Budhi Wijaya Meriahkan Sedekah Bumi Dusun Sawen Desa Tanjung Kedamean

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Pagelaran Ludruk Budhi Wijaya dari Ngusikan Jombang meriahkan sedekah bumi Dusun Sawen Desa Tanjung Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Rabu, 26/07/2023.

Kepala Dusun (Kasun) Sawen Bagus Prabowo mengatakan bahwa sedekah bumi yang diadakan oleh masyarakat dusun Sawen Desa Tanjung ini merupakan tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan setiap tahunnya. Ujarnya

"Kegiatan Tradisi Sedekah Bumi ini merupakan kegiatan yang sangat ditunggu tunggu oleh masyarakat, karena tradisi sedekah bumi ini bagaikan hari raya bagi masyarakat Dusun Sawen untuk itu seluruh masyarakat sangat kompak, guyup dan rukun dalam memeriahkannya", ungkap Bagus.

"Sebelum sedekah bumi ini dimeriahkan dengan pagelaran ludruk hari ini, kita juga melaksanakan istiqosah bersama pada hari Selasa malam (25/07/2023) dan hampir seluruh masyarakat Dusun Sawen mengikutinya", jelasnya.

"Bagus berharap semoga dengan kita melaksanakan tradisi sedekah bumi peninggalan para leluhur jawa ini kita seluruh masyarakat Dusun Sawen selalu diberikan oleh Allah SWT kesehatan, rizki yang melimpah dan dijauhkan dari bala", harapnya.

Sementara Dwikora Suharianto selaku Kepala Desa (Kades) Tanjung mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat Dusun Sawen yang sudah dengan kompak mengadakan tradisi warisan leluhur yakni sedekah bumi ini, tanpa kekompakan dan kerukunan para warga tidak mungkin kegiatan sedekah bumi ini bisa terlaksana.

"Tradisi sedekah bumi merupakan warisan budaya leluhur yang harus terus kita lestarikan karena kegiatan sedekah bumi ini juga sebagai bentuk rasa syukur kita atas nikmat dan rizki yang sudah diberikan oleh Allah SWT selama satu tahun ini", ujar Kades Dwikora.

"Semoga dengan acara sedekah bumi ini masyarakat Dusun Sawen bisa semakin guyup dan rukun serta selalu diberikan kesehatan sehingga ditahun selanjutnya warga Dusun Sawen bisa memeriahkan tradisi sedekah bumi ini dengan lebih meriah lagi", pungkasnya.(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda