Bunda Paud Gresik Tegaskan CALISTUNG Bukan Ukuran Keberhasilan dalam Pembelajaran - Gerbang Nusantara News

30 Agustus 2023

Bunda Paud Gresik Tegaskan CALISTUNG Bukan Ukuran Keberhasilan dalam Pembelajaran

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Hal tersebut disampaikan Bunda Paud Gresik Nurul Haromaini Ali Fandi Ahmad Yani saat membuka sekaligus menjadi narasumber pada acara yang bertemakan "Penguatan Program Transisi Paud - SD dengan Inovasi Pembelajaran Menyenangkan" yang diselenggarakan oleh Bunda Paud Korwil II (Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Cerme dan Duduksampeyan) pada hari Rabu, 30 Agustus 2023 di Pendopo Kecamatan Benjeng.

Lebih lanjut Nurul Haromaini (Neng Nurul) menyampaikan bahwa program penguatan ini bertujuan untuk memberi semangat kepada guru Paud dan SD dalam menghadapi transisi Paud - SD sekaligus membekali apa yang harus dilakukan, sebab dalam proses pembelajaran perlu diadakan penyesuaian dengan tingkat kematangan peserta didik sehingga jangan sampai terjadi miskonsepsi pada awal sekolah.

Jadi dengan kegiatan program penguatan ini diharapkan mampu memberikan perubahan pada 3 hal yakni perubahan pada : 

1. Penerimaa peserta didik baru (PPDB), dengan penekanan bahwa CALISTUNG bukan sebagai dasar namun yang menjadi dasar adalah 6kemampuam fondasi 

2. Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dimana dua pekan pertama ditahun ajaran baru lebih mengutamakan  pengenalan lingkungan sekolah, teman, guru, dan asasmen awal yang meliputi enam kemampuan fondasi.

3. Proses pembelajaran yang menyenangkan di PAUD dan SD.

Selain itu Neng Nurul juga menjelaskan secara detail dengan disertai contoh contoh tentang "Enam Kemampuan Fondasi" yakni 1. Mengenal agama dan budi pekerti, 2. Kemampuan sosial dan bahasa, 3. Kematangan emosi yang cukup, 4.Pemaknaan belajar yang positif, 5. Pengembangan kemampuan motorik dan perawatan diri dan 6. Kematangan kognitif.

Diakhir presentasi nya Neng Nurul juga berharap agar hal ini bisa dilakukan secara bersama sama saling bersinergi, berkolaburasi semua pihak khususnya pada guru dan wali murid sehingga ada satu kesamaan arah dalam mewujudkan tujuan tersebut, pungkasnya sembari mengingatkan bahwa baca, tulis, hitung (CALISTUNG) bukan ukuran keberhasilan keberhasilan dalam pembelajaran.

Acara tersebut Selain  dihadiri Bunda Paud korwil II juga dihadiri bunda Paud desa dari 4 kecamatan serta guru Paud, TK, SD dan MI serta dari IGRA, PGTKI, KKMI , MKKS juga perwakilan dari Pokja Paud Gresik Hamidah Rochim (narasumber) dan perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik.(WLO)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda