Harmonis Saat Dua Penyelenggara Pemilu di Kabupaten Gresik Bertemu, Ini Hasilnya - Gerbang Nusantara News

14 September 2023

Harmonis Saat Dua Penyelenggara Pemilu di Kabupaten Gresik Bertemu, Ini Hasilnya

Gresik, GNN  gerbangnusantaranews.com 

Semenjak selesai dilantik (19/08/2023) Pimpinan baru Bawaslu Kabupaten Gresik, Bawaslu melanjutkan rangkaian silaturahimnya. Setelah sebelumnya berkunjung ke pemerintah daerah dan Kapolres, kali ini Bawaslu mengunjungi kantor KPU Kabupaten Gresik.(14/9/2023)

Berawal dengan dilayangkanya surat permohonan audiensi Bawaslu Kabupaten Gresik kepada KPU Kabupaten Gresik untuk bersedia menerima kunjungan silaturahmi dari Bawaslu.

Silaturahmi tersebut bertujuan untuk sambung roso duduk bersama guna menyamakan persepsi bahwa KPU dan Bawaslu ini adalah sama-sama lembaga penyelenggara yang lahir dari rahim yang sama, yakni Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

Pada kesempatan tersebut, Ahmad Roni, Ketua KPU Kabupaten Gresik memberikan sambutan hangat dan dilanjutkan untuk mengenalkan satu persatu komisioner KPU Kabupaten Gresik berikut dengan tugas masing-masing divisinya.

Selanjutnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Gresik, Ahmad Nadhori, menyampaikan, terimakasih kepada Ketua KPU Kabupaten Gresik, meski agenda ini diinisiasi oleh Bawaslu tetapi jamuan tamunya di fasilitasi oleh KPU.

Bawaslu berharap support dan dukungan dari KPU, karena bagaimanapun, salah satu obyek pengawasan Bawaslu, selain peserta pemilu, adalah KPU selaku penyelenggara teknis, karenanya Bawaslu berharap mendapatkan akses seluas-luasnya dalam pengawasan pada tahapan-tahapan yang akan datang.

Di sisi lain, Rofa’atul Hidayah, Anggota Bawaslu Gresik selaku Divisi pengampu pengawasan Pencalonan Anggota Legislatif menyampaikan terimakasih kepada KPU Kabupaten Gresik yang telah memberikan akses seluas-luasnya kepada Bawaslu selama tahapan pendaftaran kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Makmun, Komisioner KPU Divisi Partisi Masyarakat mengatakan dengan awalan yang baik dan niat yang baik ini inysaallah hasilnya juga akan baik. Pada Pemilu Tahun 2019 tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Gresik mencapai 84 persen, lebih tinggi dibandingkan target yang dipatok KPU RI sebesar 77,5 persen. Prestasi ini harus dipertahankan pada Pemilu 2024 nanti.

Robbah Khunaifih, Anggota Bawaslu Divisi SDM dan Organisasi memberikan apresiasi atas pencapaian tersebut, dia juga mendorong untuk terus menaikan prosentasi partisipasi pemilih dalam pemilu yang akan datang dengan melakukan sosialisasi yang tidak hanya di sekolah-sekolah SMA tapi juga ke kampus- kampus yang ada di Kabupaten Gresik.

Pada sesi penutupan, KPU mengajak Bawaslu untuk bersama-sama mendorong pemerintah daerah agar dapat mensegerakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) mengingat tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) semakin dekat, terlebih lagi ada wacana Pilkada dimajukan pada bulan September, jika benar demikian maka Hibah Daerah harus sesegera mungkin direalisasikan. (Syafik Hoo)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda