PPK Benjeng Ajak Cek DPT Online melalui Sosialisasi Pemilu 2024 dan Leadership SMANUGA Kelas XI - Gerbang Nusantara News

09 September 2023

PPK Benjeng Ajak Cek DPT Online melalui Sosialisasi Pemilu 2024 dan Leadership SMANUGA Kelas XI

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Sebagai bentuk sosialisasi pendidikan pemilih (Sosdiklih) dan partisipasi masyarakat (Parmas), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Benjeng beserta Sekretariat dan staff pendukung melaksanakan acara sosialisasi pemilu 2024. Acara dimulai pada pukul 10.00 wib - selesai di pendopo kecamatan Benjeng. (9/9)

Peserta yang notabene adalah pelajar SMA NU 3 Gresik, mendatangi kecamatan Benjeng bertujuan untuk belajar diluar kelas dengan mendengarkan penjelasan singkat seputar pemilu 2024 dan Leadership. Hal ini sesuai dengan program Projec Penguatan Profil Pelajar Pancasilla (P5) dengan tema "Suara Demokrasi".

Didampingi dua guru pendamping, belasan siswa-siswi SMANUGA antusias menyimak semua informasi yang disampaikan tadi pagi. Andrik selaku ketua PPK Benjeng mengawali penjelasan umum seputar pemilu dengan memaparkan struktur badan Ad hoc KPU sebagai penyelenggara pemilu. "Sebagai pemilih baru, tentu kalian butuh mengetahui istilah KPU, PPK, PPS, KPPS, TPS dll. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini ijinkan saya untuk memperkenalkan diri," Sambut Andrik.

"Nah, setelah kalian mengenal saya. Divisi SDM Sosdiklih dan Parmas ini memiliki tugas yakni mensosialisasikan pentingnya pemilu. Mari kita simak bersama video berjudul "Apa itu Pemilu?" berikut ini," ucap Fatma selaku Komisioner divisi SDM Parmas PPK Benjeng. 

Selain itu, peserta juga diajak untuk mencoba memasukkan NIK nya pada situs resmi KPU RI cekdptonline.kpu.go.id untuk memastikan bahwa ia telah terdaftar dalam DPT di TPS masing-masing. "Alhamdulillah, saya sudah terdaftar," ungkap Nur Afidah salah satu siswi SMANUGA yang berhasil menemukan namanya di TPS 12 desa Jogodalu Kec. Benjeng.

Reni selaku Komisioner divisi logistik PPK Benjeng juga menyampaikan materi leadership. "Pemimpin bukan hanya untuk organisasi, namun juga bisa untuk diri kita sendiri. Pemimpin punya wewenang dan kuasa," katanya. Ia juga menjelaskan bahwa salah satu jenis menentukan pemimpin adalah Demokrasi yaitu dengan memilih ketua OSIS.

Acara berjalan begitu atraktive, peserta sukses mereview kepemimpinan temannya saat menjadi ketua kelas, aktif bertanya dan menjawab pertanyaan PPK Benjeng dengan tepat. Diakhir acara, PPK Benjeng mengisi ice breaking sebentar, membagikan hadiah, lalu foto bersama sebagai dokumentasi. (Olip/red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda