Kinik Konsultasi Hukum, Terobosan Jenius Bagian Hukum Pemkab Gresik - Gerbang Nusantara News

20 November 2023

Kinik Konsultasi Hukum, Terobosan Jenius Bagian Hukum Pemkab Gresik

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com 

Salahsatu langka kongkrit yang dilakukan Pemkab Gresik dalam memberi pelayanan kepada masyarakat khususnya permasalahan hukum yakni dibukanya klinik konsultasi hukum, program ini merupakan inisiasi sekaligus Inovasi yang dilakukan Bagian Hukum Pemkab Gresik, dengan kegiatan perdana dilaksanakan di Desa Ngemboh Kecamatan Ujungpangkah, Minggu (19/11/2023).

Kabag Hukum Pemkab Gresik Mohammad Rum Pramudya, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan ini, pihaknya bekerjasama dengan Program Studi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair), dengan menerapkan desain kegiatan yang dikemas dengan cara jemput bola kepada masyarakat yang membutuhkan layanan konsultasi permasalahan hukum, terangnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan ibarat penyakit maka klinik konsultasi hukum yang menjadi inovasi dan terobosan ini merupakan salah satu bentuk ihtiar pemerintah kabupaten Gresik untuk memberikan pengobatan, resep, atau treatment untuk anggota masyarakat yang terkena permasalahan hukum. "Sehingga permasalahan tersebut dapat diselesaikan, jelasnya sembari berharap agar dengan kegiatan semacam ini, tingkat kesadaran hukum masyarakat Kabupaten Gresik dapat meningkat.

Adapun kegiatan yang mendapat antusias dari masyarakat ini bisa dirasakan langsung hasilnya, artinya ada beberapa permasalahan yang dikonsultasikan bisa terselesaikan baik permasalahan pertanahan, keluarga yang mencakup perkawinan, waris, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), permasalahan perdata kredit, pidana, dan administrasi pemerintahan, apalagi kenyamanan masyarakat juga terjaga sebab ruang untuk konsultasi didesain privat layaknya konsultasi di kantor hukum atau seperti ruang poli di puskesmas atau rumah sakit, pungkas Kabag Hukum Pemkab Gresik sembari menyampaikan bahwa atas dasar respon dan antusias masayarakat yang begitu tinggi maka tshun depan kita lanjutkan secara berkesinambugan.

Selaku koordinator dari Unair Prof. Dr. Agus Yudha Hernoko, SH.MH., Ia mengapresiasi gagasan pemkab Gresik ini sebab program Klinik Konsultasi Hukum ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Gresik, sehingga kegiatan semacam ini harus dimasifkan pelaksanaannya.

Ia juga mengatakan bahwa Universitas Airlangga berkomitmen akan selalu memberikan support erhadap program-program seperti ini, pungkasnya.(WLO)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda