qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Memasuki Masa Tenang Pemilu 2024, KPU Gresik Rapat Koordinasi dengan Stakeholder

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com    

Jelang H-1 masa tenang pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik melakukan rapat koordinasi, dengan peserta Pemilu, Bawaslu, Kepolisian, Satpol-PP, dan Kesbangpol, di Kantor KPU Gresik, pada Sabtu, (10/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Makmun Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM menyampaikan, bahwa rapat koordinasi ini, bertujuan dalam rangka penyamaan persepsi, terhadap APK yang sampai hari ini masih terpasang.

"Malam hari ini adalah hari terakhir peserta pemilu dapat berkampanye, kita patut bersyukur, karena sampai akhir, kampanye di Kabupaten Gresik berjalan dengan lancar," jelas Makmun.

Makmun melanjutkan, bahwa mulai pukul 00.00 Wib, sudah mulai masuk masa tenang, maka penting untuk duduk bersama, terutama dengan peserta pemilu, menyikapi penertiban APK.

Lebih lanjut, kata Makmun, berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan PKPU Nomor 15 tahun 2023, bahwa APK Kampanye harus dibersihkan peserta pemilu minimal satu hari sebelum masa tenang.

"Kita akan memasuki masa tenang, yakni tanggal 11, 12 dan 13 Februari 2024, maka penting sekali komitmen bersama ini," ujar Makmun.

Kemudian Rozikin Komisioner Bawaslu Gresik menyampaikan, bahwa melakukan pembersihan APK Kampanye saat hari tenang memang menjadi salah satu kewajiban Bawaslu.

"Bawaslu besok juga akan melakukan Apel Siaga Pengawasan, setelah itu dilanjutkan dengan pembersihan APK serentak se-Kabupaten Gresik," jelasnya.

Sementara itu, Sayyidatul Fakhriyah dari Satpol-PP, menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu proses pembersihan APK Kampanye.

"Kita selalu berkordinasi dengan Bawaslu dan KPU, dan malam ini, kita sudah membawa 22 pasukan dan 2 truk, agar setelah ini langsung bisa melakukan pembersihan," jelasnya.

Perlu diketahui, bahwa setelah rapat koordinasi, KPU dan stakeholder terkait langsung melakukan pembersihan APK dibeberapa titik, saat Pukul 00.00 Wib Tanggal 11 Februari 2024.(Didik Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts