qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Hujan Deras Tak Surutkan Semangat Ratusan Siswa dan Guru MAN 1 Gresik Hadiri Pembukaan Pondok Ramadan 1445 H

GRESIK, GNN gerbanngnusantaranews.com Mengawali hari pertama masuk di bulan Ramadan, MAN 1 Gresik mengadakan kegiatan Khataman dan doa bersama. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru dan siswa MAN 1 Gresik. Meski pada hari Rabu, 13 Maret 2024 Gresik diguyur hujan cukup deras, hal itu tidak menyurutkan semangat guru dan siswa untuk tetap hadir di madrasah. Guru dan siswa mulai hadir pukul 06.30 WIB.

Guru dan siswa yang hadir langsung menuju ke Musala Al Hikmah MAN 1 Gresik. Mereka mengawali hari pertama dengan salat dluha. Setelah salat dluha, kegiatan dilanjutkan dengan khataman Al Qur’an yang dipimpin oleh Waka Humas Bapak As’ad, M.Pd. Kemudian doa khotmil Qur’an dibacakan oleh Ustaz Muzayyin, S.Pd.I.

Setelah kegiatan khataman yang diikuti oleh seluruh guru dan siswa, selanjutkan kepala MAN 1 Gresik memberikan sambutan dan arahan kepada guru dan siswa MAN 1 Gresik. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam bulan Ramadan ini terdapat beberapa perubahan kegiatan dalam pembelajaran. Perubahan juga terjadi pada jam pulang sekolah yang biasanya pukul 15.30 menjadi lebih awal setelah jamaah salat dluhur. Untuk itu beliau berharap seluruh guru dan siswa dapat menyesuaikan dengan perubahan kegiatan selama Ramadan tersebut.

Drs. H. Muhari, M.Pd.I melanjutkan bahwasannya madrasah telah mengeluarkan surat edaran kepada wali murid terkait libur awal Ramadan. Namun perkembangan terbaru terbit surat edaran dari Kanwil Kemenag. Dalam surat yang diterbitkan Kanwil Kemenag Jawa Timur, bahwasannya Kakanwil menginstruksikan kepada seluruh siswa untuk masuk pada tanggal 13 Maret 2024. Pada tanggal tersebut dilaksanakan pembukaan kegiatan Pondok Ramadan yang diikuti via Zoom.

Tepat pukul 08.30 WIB, seluruh guru dan siswa MAN 1 Gresik diarahkan untuk menuju Aula Ulul Albab yang lokasinya bersebelahan dengan Musala Al Hikmah. Seluruh yang hadir di aula menyaksikan langsung prosesi pembukaan kegiatan Ramadan yang ditayangkan secara live via zoom. 

Sebelum Kakanwil memberikan sambutan, terlebih dulu seluruh hadirin disuguhkan hiburan musik dari beberapa madrasah di bawah lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Setelah penampilan hiburan, tidak berselang lama Kakanwil Kemenag Jatim menyapa seluruh hadirin yang mengikuti zoom.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada seluruh madrasah. Kegiatan pembukaan hari ini diikuti oleh 1 juta peserta didik dari berbagai daerah di Jawa Timur. Pejabat eselon asli Gresik tersebut melanjutkan bahwa dalam memasuki bulan suci Ramadan, tetap jaga kerukunan antaruman beragama. Mengedepankan toleransi serta tetap menggunakan pola pikir moderasi beragama. 

Di dalam madrasah seluruh stakeholder harus saling bekerja sama, saling bergandengan tangan dan saling bersinergi satu dengan yang lain. Beliau pun menekankan jangan sampai ada bullyng di kalangan pelajar. Baik pelajar dalam satu madrasah maupun antarmadrasah. Mengakhiri sambutannya, beliau menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa 1445 H. (Didik Hendri Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts