BPJS Kesehatan Tingkatkan Kemampuan Pelayanan Prima Kepada Petugas PIPP - Gerbang Nusantara News

05 Juni 2024

BPJS Kesehatan Tingkatkan Kemampuan Pelayanan Prima Kepada Petugas PIPP

JAKARTA TIMUR, GNN gerbangnusantaranews.com 

BPJS Kesehatan selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN. Dengan hadirnya petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) yang ditempatkan di setiap fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) menjadi bukti komitmen BPJS Kesehatan bagi peserta JKN untuk bisa berkomunikasi dengan petugas secara langsung apabila terdapat kendala. Demi meningkatkan kualitas layanan yang diberikan oleh petugas PIPP kepada peserta JKN maka perlu diberikan pembekalan ilmu dari narasumber yang profesional. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur, Dasrial saat membuka kegiatan Workshop Pelayanan Prima kepada Peserta JKN terhadap Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) pada Jumat (31/05).


Dasrial mengatakan bahwa petugas PIPP masing-masing fasilitas kesehatan terdiri dari dua pihak, yaitu satu petugas dari fasilitas kesehatan dan satu petugas lagi dari BPJS Kesehatan. Hal tersebut guna menciptakan koordinasi yang cepat antara fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan dan peserta JKN. Peserta JKN nantinya akan mendapat informasi tidak hanya dari satu pihak namun dari dua pihak, sehingga informasi yang diberikan menjadi berimbang. Dirinya juga menjelaskan bahwa memperoleh persepsi yang sama antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan terhadap pelayanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan kepada peserta JKN sangatlah penting. Kondisi peserta yang dalam posisi sakit tentunya memerlukan penanganan pelayanan yang baik serta sigap sehingga proses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tidak terganggu dengan proses administrasi. Hal tersebut diharapkan dapat dilaksanakan dengan kerja sama yang lebih baik lagi dan saling mendukung dengan rumah sakit.

”Pentingnya peran petugas PIPP sebagai pemberi informasi dan penanganan pengaduan menjadi perlu kita bekali dengan ilmu dari profesional yang sudah berpengalaman dalam dunia pelayanan terhadap pelanggan. Oleh karena itu hari ini BPJS Kesehatan mengadakan workshop pelayanan prima guna meningkatkan kualitasnya saat melayani peserta. Pada sesi kali ini diikuti oleh petugas PIPP BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur dan mengundang 26 fasilitas Kesehatan yang terdiri dari 23 rumah sakit, dua klinik khusus mata dan satu klinik hemodialisa”, pungkas Dasrial.

Corporate General Manager Human Resources, Legal, General Affairs, Learning & Development Horison Hotels Group, Irfan Prasatya selaku narasumber memaparkan bahwa pelayanan publik harus memberikan suatu nilai yang dapat memenuhi bahkan melampaui harapan dari peserta. Ia menambahkan jika pemberi pelayanan baik BPJS Kesehatan maupun fasilitas kesehatan memberikan pelayanan yang baik bahkan excellent kepada peserta maka pastinya akan terbentuknya kepuasan peserta dan kepuasan peserta ini tentunya akan menciptakan rasa loyalitas peserta bahwa peserta akan selalu menggunakan produk kita. 

“Saat ini adalah era dimana pengalaman pelanggan atau peserta menjadi yang utama. Dapat teman-teman lihat di banyak media sosial sebut saja X atau intagram pada saat ada konten terkait suatu produk pasti masyarakat banyak mencurahkan pengalamannya terhadap produk tersebut dalam kolom komentar. Bahkan konten terkait BPJS Kesehatan sekalipun dapat di lihat banyak peserta yang menceritakan pengalamannya saat menggunakan BPJS Kesehatan, maka dari itu kita sebagai pemberi pelayanan informasi dan pengaduan harus melayani peserta dengan baik agar nantinya peserta dapat menceritakan pengalamannya kepada teman, saudara atau kolega yang ujungkan akan menciptakan trust kepada BPJS Kesehatan. Hal tersebut yang dapat meningkatkan value BPJS Kesehatan sebagai organisasi,” tutup Irfan.(slt/nov)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda