Hot News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 25 Maret 2020

UPT Puskesmas Kedamean Blusukan Giat Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Gresik, gerbangnusantaranews.com
Sangat Kompak sebagai wujud kebersamaan dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 UPT Puskesmas Kedamean kabupaten Gresik di bawah pimpinan dr.Titik Ernawati bersama dengan jajaran Muspika kecamatan Kedamean melakukan langka langka edukasi secara maraton di seluruh wilayah kecamatan Kedamean pada hari Kamis, 19-03-2020.

Selaku Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Kedamean dr. Titik Ernawati kepada media memberikan keterangan terkait giat yang sedang dijalankan dengan menekankan :
  • Bahwa kami melakukan sosialisasi ke desa-desa di wilayah kerja Kecamatan Kedamean bersama muspika dan lintas sektor terkait keliling menggunakan pengeras suara tentang kewaspadaan corona, dan Saat keliling kami menemukan masih ada yang bergerombol akhirnya kami datangi dan kami sarankan kembali kerumah masing-masing dan menghindari kegiatan kerumunan dalam minggu ini sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintah.
  • Bahwa kami siap  menerima laporan masyarakat apabila ada orang dalam resiko untuk dilakukan screening atau tindakan yang diperlukan.
Adapun yang ikut serta dalam giat tersebut dari Unsur Kecamatan, Koramil, Polsek, Serta anggota puskesmas Kedamean.

Materi Sosialisasi edukasi yang dilakukan antara lain:

1. Melakukan perilaku hidup bersih dan sehat yaitu cuci tangan pake sabun atau sanitizer, makan sayur dan buah, menjaga kebersihan  diri lingkungan dengan cara membersihkan semua lingkungan rumah perabot dll. dengan detergen atau desinfektan.
2. Berdiam diri dirumah selama 14 hari kecuali ada keperluan atau hal yang darurat
3. Hindari kegiatan berkerumun.
4. Jarak 1 meter atau bersama yang lain tidak boleh berdekatan.
5. Laporkan jika ada orang dalam resiko yaitu orang yang habis bepergian dari daerah terjangkit.
6. Jangan panik tapi tetap waspada.
7. Jangan borong sembako dan desinfektan di pasar dll. karena detergen biasa yang kita punya, itu bisa juga buat menjaga kebersihan dan menghindar dari corona.
8. Pakai masker apabila sakit atau bepergian keluar.
9. Dan Untuk masjid:
  • Jaga kebersihan masjid dan  desinfektan dengan deterjen.
  • Hindari karpet
  • Jamaah bawa sajadah masing masing dari rumah yang suci dan bersih.
  • Sholat dalam shof atau barisan tidak boleh berdekatan
  • Yang sakit agar melakukan sholat di rumah.
Ia juga menambahkan bahwa saling mengingatkan dan membangun kesadaran merupakan modal utama dalam setiap program sehingga apa yang diharapkan bisa sesuai rencana dan pastinya atas Ridloh Alloh SWT.

Semoga kita semua bisa terselamatkan dari bencana dan bisa kembali normal situasi dan kondisi yang terjadi saat ini. pungkasnya (Sule)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot