qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Bupati Imbau Masyarakat Jangan Membiarkan Lahan "Tidur" Guna Tingkatkan Kontribusi PDRB Sektor Pertanian

Bojonegoro, gerbangnusantaranews.com - Sektor pertanian menjadi salah satu sektor dominan dalam pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) kurun waktu 5 tahun terakhir (2015-2019). Namun disisi lain sektor pertanian di Bojonegoro masih mengalami permasalahan di berbagai faktor. Hal ini terbukti Bojonegoro berada dalam urutan 9 di Jawa Timur dalam kontribusi PDRB dengan poin 3.29%.

Menanggapi hal tersebut, Pemkab Bojonegoro mengadakan FGD guna meningkatkan kembali kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB. Acara yang berlangsung di Creative Room Gedung Pemkab pada Selasa (12/08), dihadiri oleh 40 peserta dari beberapa OPD, perwakilan dari kecamatan, Kepala Desa, LSM serta Gapoktan. FGD juga menghadirkan narasumber DPR RI serta BPS Bojonegoro.

Mokhamad Anwar Mukhtadlo selaku Kepala Bappeda menyampaikan bahwa sektor pertanian memiliki peran utama regional dan nasional sumber penyedia pangan dan penyeran tenaga kerja terbanyak. Sektor pertanian menjadi penyumbang tenaga kerja terbesar sebanyak 39% dari total penduduk Bojonegoro. Sektor pertanian bersama sektor industri diharapkan bisa selaras bekerja sama untuk menggerakkan pembangunan di Bojonegoro.

"FGD ini kita bisa mengkaji bersama sama serta merumuskan solusi penyebab dari sektor pertanian melemah. Kita harus meningkatkan kembali peran penting sektor pertanian pada PDRB bisa mengalami peningkatan.", Ungkap Anwar Mukhtadlo.

Sementara itu Bupati Bojonegoro Anna Muawanah juga menyampaikan bahwa melemahnya sektor pertanian kemungkinan sebab bibit tanam pola tanam yang belum berhasil. Untuk itu Bupati mengimbau agar memaksimalkan potensi lahan. "Mari kita manfaatkan lahan kosong, jangan sampai berakhir menjadi lahan tidur. Jika kita berusaha memaksimalkan lahan maka akan bisa terhindar dari krisis.", Tutur Anna Muawanah.

Bupati menyebut sektor pertanian dan sektor peternakan perlu digalakkan kembali, hal ini karena sumber daya yang ada dapat menjadikan potensi yang lebih ditingkatkan. "Industri hulu dan hilir pertanian masih berpontensial. Jika lahan terbatas, kita harus bisa belajar memanfaatkan teknologi pertanian.", lanjut Bupati.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan di sektor pertanian, Pemkab Bojonegoro memberikan dukungan diantaranya melalui program petani mandiri (PPM) dengan instrumen Kartu Petani Mandiri (KPM), pemberdayaan BUMDES, pembentukan BUMD, peningkatan sumber daya air dengan rehab Waduk Pacal, pembangunan bendung gerak Karangnongko, pembangunan waduk Gongseng dan waduk Pejok serta langkah terakhir dengan mendukung kiprah petani milenial melalui bimtek.( Dmw )
Baca Juga

Related Posts