Hot News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 14 Agustus 2020

Warga Desa Dander Tabur Ribuan Benih Ikan Di Sungai Saat Rayakan Sedekah Bumi

Bojonegoro, gerbangnusantaranews.com -
Ada yang berbeda dalam acara sedekah bumi di Desa Dander Kecamatan Dander tahun ini. Tradisi yang digelar pada Jumat Pahing (14/8/2020) kali ini selain tumpengan juga dilakukan tabur benih ikan di sepanjang Sungai yang bermuara dari Sumberan tempat dimana tasyakuran digelar.

 Menurut Kepala Desa Dander, H Juprianto, kegiatan sedekah bumi tahun ini dilaksanakan secara sederhana karena dalam situasi Covid - 19

 "Kalau biasanya usai tasyakuran digelar pula tayuban. Namun selama pandemi ini hanya selamatan saja," ujarnya.

Selain itu sedekah bumi kali ini juga bersamaan dengan peringatan HUT RI ke 75 dilakukan pula tabur benih ikan sepanjang sungai Sumberan.

 "Tak kurang dari 21 ribu benih ikan kita tabur bersama warga ditebar di sepanjang aliran sebagai simbol kesejahteraan warga," kata Juprianto.

Ditambahkan, tabur ikan juga sebagai cara warga melestarikan kejernihan air sungai.

 "Namun yang terpenting tabur ikan di sungai ini bertujuan untuk mengembalikan ekosistem sungai yang rusak akibat ulah tak bertanggung jawab. Seperti menyetrum ikan dan penebar racun," jelasnya.

Juprianto ingin mengajak warga menciptakan wisata air Sungai Sumberan Dander dengan diawali dari menjaga ekosistem sungai.

"Ada beberapa spot, bantaran Sungai Sumberan yang memiliki daya tarik pemancingan dan melepas lelah. Sehingga dapat dijadikan obyek wisata sungai, kedepannya,” pungkas Kades Dander yang akrab disapa Pak Jupri ini. (Dmw )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot