qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Bupati Anna Hadiri Bimtek Para Pengelola HIPPA,GHIPPA dan IHIPPA Daerah Irigasi Pacal Kanan Kecamatan

BOJONEGORO, gerbangnusantaranews.com  Selasa 08/09/2020. Pemkab Bojonegoro akan terus memperbaiki infrastruktur pertanian, salah satunya dengan menyiapkan sumber daya air untuk kebutuhan pertanian.

 "Dengan begitu nantinya pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro bisa berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan," ungkap Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, saat memberikan arahan dalam bimbingan teknis para Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA), Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (GHIPPA) dan Induk Himpunan Petani Pemakai Air (IHIPPA) daerah irigasi Pacal Kanan Kecamatan Sumberejo, Senin kemarin.

Bupati Anna berharap peran aktif dari HIPPA/GHIPPA/IHIPPA agar bisa memberikan laporan yang sesuai agar kebutuhan air bisa digunakan dengan maksimal sesuai dengan kebutuhan.

"Kita semua berharap pertanian di Bojonegoro akan lebih maju yang dapat mensejahterakan petani," ujar Bu Anna.

 Sementara itu bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan di Desa Ngampal, Kecamatan Sumberrejo, ini selain dihadiri Bupati Bojonegoro, juga BBWS Bengawan Solo, Pengurus dan anggota HIPPA/GHIPPA/IHIPPA daerah irigasi Pacal Kanan, kecamatan setempat.

 Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Kabupaten Bojonegoro, Tedjo Soekmono mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen menumbuhkan keberadaan HIPPA/GHIPPA/IHIPPA untuk mendukung kegiatan produksi pertanian.

“Daerah irigasi Waduk Pacal sendiri dibagi dua yaitu daerah irigasi Pacal Kiri seluas 1965 hektar dan daerah irigasi Pacal Kanan 14659 hektar,” katanya.

Dijelaskan, waduk Pacal merupakan waduk yang bersifat musiman atau tadah hujan.

"Sehingga perlu pengaturan air yang terpola dengan baik untuk kebutuhan pertanian serta peran aktif dari HIPPA/GHIPPA/IHIPPA sehingga dapat terpola dengan baik dan benar," jelas Tejo Sukmono. (Abq n dmw )
Baca Juga

Berita Terkait