qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

KREATIF : Sulap Barang Bekas Jadi Karya Yang Menghasilkan Rupiah

Bojonegoro, gerbangnusantaranews.com 
Selasa 01/09/2020. Ditangan pemuda keratif, ban bekas ini jadi pot bunha yang cantik. Tangan - tangan kreatif itu ada di Ikatan Pemuda Jaji (Imaji) Desa Cengungklung, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.

Mereka menyulap ban mobil bekas menjadi pot bunga yang memiliki nilai jual rata - rata Rp 50 ribu per bijinya. Ketua Imaji Didik Eko Purnomo menceritakan awal mula membuat pot bunga dari ban bekas ini untuk keindahan jalan lingkungan di Dusun Jaji.

Setelah pot bunga jadi dan dipasang di sepanjang jalan lingkungan, banyak yang mengunggah di media sosial. "Dari situ banyak yang tanya siapa yang buat. Kemudian banyak yang pesan minta dibuatkan," tutur Didik, Senin kemarin.

Didik mengaku dalam sehari bisa memproduksi 20 sampai 25 pot bunga dari ban bekas. Pengerjaannya dilakukan oleh pemuda Dusun Jaji (Imaji).

"Kita mulai produksi baru satu bulanan," ucapnya.

 Penjualan pot bunga dari ban bekas produksi Imaji sekarang ini melayani pesanan dari pembeli sekitar di wilayah Gayam dan Kabupaten Bojonegoro, hingga luar daerah seperti Tuban, Jatim dan Blora, Jateng. Sebgian besar pembeli memesan secara online melalui akun facebook Imaji atau melalui WhatsApp di nomor +62 823-2384-2487.

 "Pembeli juga bisa datang langsung ke alamat RT 008 RW 002 Dusun Jaji, Desa Cengungklung. Di sini pembeli bisa memilih atau pesan sesuai selera," ujarnya.

Didik menambahkan tidak menghadapi kendala dalam memproduksi pot bunga dari ban mobil bekas. Sebab bahan bakunya mudah di dapat.

"Bahan bakunya kita beli di sorum. Per bijinya Rp2 ribu-Rp 3 ribu," pungkasnya. (Abq/ dmw )
Baca Juga

Related Posts