Senin, 07 September 2020

Masa Pandemi Covid - 19, KONI Bojonegoro Gelar Webinar Dengan Pelatih dan Atlet

Bojonegoro, gerbangnusantaranews.com Senin 07/09/2020. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bojonegoro, menggelar diskusi dalam jaringan (daring) atau webinar, dengan tema Peningkatan Kompetensi Fisik Atlet Bojonegoro di Masa Pandemi Covid-19, Minggu kemarin.

Webinar ini diikuti oleh Pengurus KONI Kabupaten Bojonegoro, dan para pelatih dari masing-masing cabor yang berinduk di KONI.

Kegiatan ini terlaksana bekerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) termasuk narasumber Dr Irmantara Subagio dan Mochammad Arifin, yang keduanya juga merupakan akademisi dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Menurut Ketua Umum KONI Bojonegoro, Ali Mahmudi, webinar ini dilakukan karena situasi masih masa pandemi covid - 19.

"Dan kondisi tersebut tentunya bisa mempengaruhi performa, kesehatan fisik, dan kesehatan mental para atlet," ungkapnya saat membuka diskusi webinar tersebut.

Dijelaskan, selama pandemi Covid-19 menjadi tantangan besar bagi seluruh insan olahraga, utamanya bagi para atlet.

"Dalam kondisi normal, mereka berlatih sepanjang tahun sebagai persiapan mengikuti berbagai pertandingan dan kejuaraan, namun, dengan adanya pendemi tersebut, kerja keras dan harapan para atlet tiba-tiba seperti direbut paksa, lantaran fasilitas pelatihan ditutup, turnamen, kejuaraan dan event-event olahraga di semua level belum diijinkan," ujar Ali Mahmudi.

Dalam kondisi tersebut lanjut Ali, bukan hanya mempengaruhi kondisi fisik, namun juga kesehatan mental para atlet.

"Namun keselamatan dan kesehatan adalah yang utama pada saat Pandemi Covid 19 seperti ini. Sehingga meskipun berlatih dirumah diperlukan pola agar fisik, mental atlet tetap terjaga," terangnya.

Sementara itu Dr Irmantara Subagio dalam paparannya menyampaikan materi terkait Rekomendasi Latihan Selama Pandemi Covid-19.

Menurutnya diperlukan kesadaran untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan melakukan proteksi diri maupun lingkungan.

‘’Dengan cara membatasi interaksi atau berhubungan langsung dengan orang lain,’’ tegasnya Lebih lanjut dia menjelaskan stakeholder olahraga di Bojonegoro, harus memastikan dan menjamin pelaku olahraga di Kabupaten Bojonegoro mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

 "Disini pelatih menjadi garda terdepan memiliki tanggungjawab dalam mendidik atletnya dalam melawan penyebaran Covid-19. Sedangkan atlet bertanggungjawab untuk mematuhi pembatasan latihan dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," katanya.

 Adapun Mochammad Arifin, pemateri lainnya menyampaikan materi tentang Memotivasi Atlet di Masa Pandemi Covid-19.

‘’Ada 4 hal yang perlu diterapkan oleh pelatih, yaitu Motivasi, Percaya Diri, Konsentrasi dan terakhir adalah Kontrol Emosi,’’ tuturnya. (Dmw/abq)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kepincut Setigi, Kick Andy Undang Kades Abdul Halim

Kades Sekapuk Abdul Halim Bersama Kick Andy Di Studio MetroTV Jakarta.  GRESIK - gerbangnusantaranews.com Kades Sekapuk Abdul Halim lagi-la...