Hot News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 03 September 2020

MUSDES PENYUSUNAN RKPDES Dan RAPBDES Tahun 2021 DESA PINGGIR - BALONGPANGGANG

GRESIK  - gerbangnusantaranews.com
Dalam melalukan tugas dan amanah masyarakat Pemdes Pinggir kecamatan Balongpanggang kabupaten Gresik dibawah pimpinan Ainur Rofiq menyelenggarakan kegiatan tahunan yaitu Musdes penyusunan RKPDES Dan RAPBDES Tahun 2021 yang sempat tertunda disebabkan adanya Covid 19.

Hadir Pada acara tersebut Kepala desa Pinggir Ainur Rofiq, Camat Balongpanggang Moch.Yusuf Ansori, Kasi Pemerintangan kecamatan Balongpanggang Hermanto, Pendamping Desa (Atok Maulana-Rusmanu), Anggota BPD dan unsur desa lainnya.
Kepala desa Pinggir Ainur Rofiq menyampaikan dalam membangun desa diharapkan perlu adanya kebersamaan sesuai dengan porsinya masing-masing, Ia juga menekankan agar jangan hanya pasrah pada pemerintah desa saja, artinya warga yang hadir saat ini bisa membangun kembali komunikasi inten dengan anggota DPRD yang pernah didukungnya terlepas dari partai manapun dengan harapan bisa memberi kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan yang Ada di desa kita ini.

Ia juga menambahkan dalam peningkatan sumberdaya manusia guna wujudkan program pemberdayaan sudah dijadikan sebagai pilot projek dengan menjadikan Dusun Ngakak menjadi dusun mandiri dengan produk holtikultura yang saat ini mulai dikembangkan dengan berbagai varian tanaman.tambahnya.
Sementara Camat Balongpanggang Moch.Yusuf Ansori Mememberikan pencerahan terkait dengan mekanisme penyusunan RKPDES Dan RAPBDES Tahun 2021 Ini harus didasarkan pada dokumen desa yang sudah tertuang pada RPJMDES yang sudah dibuat maximal 6 bulan setelah dilantik sebagai kepala desa dan ini sebagai penjabaran visi dan misi kepala desa terlantik.

Makanya desa hendaknya meningkatkan perhatian dalam mengelolah dan merawat dokumen-dokumen desa terutama dalam pengarsipan, agar memudahkan dalam menginventarisir dan sekaligus membuka dokumen saat diperlukan.

Ia Juga mengingatkan dengan adanya pandemi covid 19 ini maka pelaksanaan kegiatan tahun 2020 yang belum terlaksanakan bisa diusulkan kembali apabila memang itu sangat prioritas dan menjadi kebutuhan masyarakat.

Diakhir sambutannya Ia mengajak agar tetap Disiplin Protokoler Kesehatan (Pakai masker, Sering cuci tangan menggunakan sabun dan Air yang mengalir, jaga jarak), serta selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).pungkasnya.
Atok Maulana selaku pendamping desa menyampaikan agar desa mengupayakan dan memanfaatkan teknologi digital (Android 5) yang sudah dilengkapi dengan aplikasi yang bisa membantu kegiatan desa terutama dua aplikasi yang bisa memantau perkembangan Covid 19 dan program kesehatan terkait dengan gizi buruk yang harus diperangi.

Atok juga berharap kegiatan hari ini bisa menghasilkan usulan yang ada keseimbangan antara pembangunan fisik dan pembangunan dibidang pemberdayaan sebab melalaui pemberdayaan masyarakat diharapkan tercipta PAD desa yang mumpuni melalui pengelolaan bumdes dan produk unggulan. (WLO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot