Hot News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 03 September 2020

Penghijauan Kota Bojonegoro Akan Diganti Pohon Tabebuya

Bojonegoro, gerbangnusantara.com
Kamis 03/09/2020. Akhir-akhir ini, Pemkab Bojonegoro sedang melakukan pemotongan pohon penghijauan di sejumlah titik di wilayah kota Bojonegoro. Tujuannya, selain untuk menata drainase juga untuk mengganti penghijauan dengan pohon tabebuya agar wajah kota makin cantik.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro, Hari Prasetyo menuturkan pihaknya memang sedang melakukan pemotongan pohon penghijauan. Tujuannya selain mempercantik kota dan pembangunan drainase, pohon yang ditebang usianya sudah tua dan membahayakan pengguna jalan. “Setelah ditebang akan diganti dengan tanaman yang lebih berwarna, jenis tabebuya,” terangnya.

Untuk penanaman pohon penghijauan nantinya juga akan dirapikan, diantaranya jarak antarpohon diberi jarak 2 hingga 3 meter. Saat ini pihaknya sedang menyiapkan media tanam. Tabebuya itu ditanam di pot yang besar.

Ukuran pohon baru yang ditanam adalah diameter 10 sampai 20 sentimeter, dengan tinggi pohon 3 sampai 4 meter. “Pohon tabebuya ini juga sebagai pohon peneduh,” terangnya.

Seperti diketahui, petugas Pemkab melakukan penebangan penghijauan. Diantaranya di Jalan Gajah Mada, Jalan Diponegoro, Untung Suropati, dan sejumlah jalan kota lainnya.

Jenis pohon pengganti untuk penghijauan yaitu TABEBUYA daun lebar dan beberapa pohon peneduh.  Adapun titik peremajaan antara lain di Jl. Gajahmada  260 batang, Jl. Untung Suropati 262, Jl. Diponegoro 92, Jl. Panglima Sudirman 286, Jl. Kartini 169, jadi jumlah pohon pengganti semuanya sebanyak  1.069 batang pohon yang akan memperindah kota Bojonegoro. (Abq/ dmw )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot