qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Usai Shalat Sunah di Masjid Agung, Pasangan Qosim-Alif Berjalan Kaki Menuju Kantor KPUD Gresik Diiringi Sholawat Untuk Mendaftar

GRESIK - gerbangnusantaranews.com
Pasangan Calon bupati dan  wakil bupati Gresik, H. Moh. Qosim dan dr. H. Asluchul Alif mendaftarkan diri ke Kantor KPUD Gresik, Minggu (6/9). Pendaftaran ke KPUD Jl Dr Wahidin Sudirohusodo ini diikuti sejumlah pengurus partai pengusung dan tim pemenangan. Sedangkan relawan dan kader simpatisan serta masyarakat mengikuti keberangkatan tim di tepi jalan mulai dari Masjid Agung hingga ke Kantor KPUD Gresik sepanjang 500 meter.

Karena alasan mematuhi protokol kesehatan Pasangan Qosim-Alif (QA) membatasi jumlah pengurus partai pengusung yang datang untuk mengiringi, tim pemenangan dan sebagian relawan.

Pasangan Qosim-Alif (QA) berangkat sekitar pukul 09.00 menggunakan 5 mobil menuju Masjid Agung Gresik. Sementara relawan dan simpatisan lainnya mengikuti dari belakang dengan tertib. Di Masjid Agung Gresik, H.M. Qosim dan Mas Alif bersama rombongan melaksanakan Salat sunah Dhuha dan sholat mutlak.9

Selanjutnya, sekitar pukul 10.00, H.M.Qosim dan Alif bergerak ke Kantor KPUD Gresik dengan berjalan kaki,  mengikuti anjuran pemerintah terkait social distancing, rombongan tidak bergerombol berjalan tertib menuju kantor KPUD Gresik. Di depan Pak Qossim dan Mas Alif, dibuka dengan kelompok hadrah dari ISHARI untuk melantunkan shalawat selama berjalan kaki.
Menariknya, masyarakat yang menyaksikan prosesi pendaftaran menunggu di tepi jalan. Di sepanjang jalan itu, relawan membentangkan spanduk bertuliskan Qosim-Alif menuju Gresik Ayem Tentrem yang menjadi tagline pasangan yang diusung Partai PKB dan Gerindra serta didukung Partai Berkarya dan Partai Gelora.

Ketika H.M. Qosim dan Alif melintas, masyarakat yang didominasi ibu-ibu bersorak sorai sambil mengibarkan bendera merah putih kecil di tangan. Sambutan luar biasa itu dibalas dengan lambaian tangan dan senyuman oleh pasangan QA ini. Spanduk yang dibentangkan oleh massa anggota Relawan Gresik Sosial (RGS) ini juga menarik perhatian pengendara yang melintas.

Proses pendaftaran pasangan Qosim-Alif (QA) berjalan cukup cepat. Jam 11 pasangan Qosim-Alif (QA) tampak sudah meninggalkan kantor KPUD Gresik setelah melakukan pendaftaran.

Ketua KPUD Gresik Ahmad Roni menerangkan syarat pencalonan Pasangan QA berupa kesepakatan partai politik pengusung (form model B), form model B.1-KWK (persetujuan DPP parpol), dan SK kepengurusan DPC maupun DPW parpol sudah lengkap.

Kemudian untuk syarat calon, lanjut Roni, di antaranya identitas pasangan calon, ijazah, SKCK, LHKPN, keterangan tak terlibat kasus hukum di pengadilan, dan sejumlah syarat lain juga sudah lengkap.

Khusus syarat calon, lanjut Roni, jika nantinya ada yang masih belum sempurna, maka masih ada waktu hingga tanggal 14 September 2020 untuk verifikasi. "Jadi, kalau ada syarat yang belum sempurna, misal ijazah belum legalisir, masih ada waktu hingga 14 September untuk kelengkapan, semua persyaratan baik pencalonan maupun calon sudah lengkap," terangnya.

Roni menjelaskan, terkait syarat mundur dari keanggotaan DPRD Gresik, baik Asluchul Alif maupun Fandi Akhmad Yani, keduanya sudah tak ada persoalan. Sementara untuk H.Moh. Qosim terkait cuti di luar tanggungan negara, masih menunggu hingga waktu kampanye pada 26 September 2020.

Roni menyatakan, setelah pendaftaran ditutup pada Minggu (6/9/2020) pukul 24.00 WIB, jadwal selanjutnya pada Senin (7/9/2020) besok adalah tes kesehatan bagi kedua paslon. "Tes kesehatan ini di antaranya meliputi bebas narkoba," jelasnya.

Sesuai yang ditunjuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI), bahwa untuk tes kesehatan dilakukan di RSUD dr. Soetomo Surabaya. "Jadi, di Jawa Timur ada 3 rumah sakit tipe A yang ditunjuk IDI untuk tes kesehatan paslon, yakni RSUD dr. Soetomo Surabaya, RS dr. Ramelan Surabaya, dan RS Syaiful Anwar Malang," bebernya.

Sementara itu, H.M.Qosim membenarkan bahwa semua berkas syarat pencalonan maupun syarat calon telah dilengkapinya.

Ketika disinggung soal cuti di luar tanggungan negara, H.M.Qosim mengaku bahwa dirinya selaku calon petahana sudah mengajukan ke Gubernur Jatim. "Kapan mulai cutinya, saat ini saya masih menunggu surat izin dari gubernur," tambah H.M. Qosim.

Lebih lanjut Pak Qosim menambahkan, sebelum cuti di luar tanggungan negara, ia mengaku telah menanggalkan sejumlah fasilitas dinas. Di antaranya, telah keluar dari rumah dinas (rumdin) di Jalan Basuki Rahmat Gresik. "Mulai kemarin saya sudah keluar dari rumah dinas," ungkapnya.
Daftarkan Diri ke KPUD Gresik, Qosim-Alif Disambut Meriah Warga Sepanjang Jalan

Pendiri RGS H.M. Khozin Ma'Sum mengatakan, ada sebanyak 120 relawan gerakan sosial yang berangkan ke KPU sekitar pukul 06.30 WIB bersama para relawan lainnya.  Abah Khozin sapaan akrabnya menyatakan, dengan kemeriahan spanduk bener ini  bertujuan kepada masyarakat tentang pendukung Q-A ini militan dan antusias. "Kami kolaborasi dengan relawan yang lain, dengan antusias, serta sarapan pagi bersama," katanya

Lebih lanjut Abah Khozin menambahkan bahwa pasangan QA adalah pasangan yang merakyat, berpegang teguh islam ahlu Sunnah waljamaah dan tertib aturan. "Terbukti dari masjid Agung pasangan QA berjalan dan berbaur dengan rakyat dengan diiringi sholawatan khas NU serta proses pendaftaran berjalan singkat karena lebih memahami aturan yang ada", ungkap Abah Khozin yang masih keturunan sunan giri.

Untuk itu, Abah Khozin menegaskan bahwa Pasangan Qosim-Alif (QA) adalah pasangan yang pas untuk memimpin Gresik ke depan karena kombinasi dari yang pengalaman dan Milenial. (Mad)
Baca Juga

Berita Terkait