qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Dokter Alif Cawabup Yang Energik dan Inovatif Impikan Ambulan Udara Untuk Layani Kesehatan Masyarakat Bawean

GRESIK -  gerbqangnusantaranews.com 

Kendati memiliki rumah sakit dan sebagai pengusaha milinial, sosok dr Asluchul Alif Maslikan tetap santun, rendah diri dan dermawan. Pria kelahiran 29 Juni 1980 atau 40 tahun ini memiliki angan-angan Kabupaten Gresik maju pesat dan masyarakatnya sejahtera dengan sejumlah program yang digagas dan diimplementasikan jika diberi amanah bersama Pak Qosim untuk memimpin Kabupaten Gresik lima tahun kedepan. 


Sebelum terjun di dunia politik, di usianya yang masih muda, pria yang akrab disapa dokter Alif tersebut, sejak 2014 dipercaya menjadi Direktur Rumah Sakit Fathma Medika.  Melalui rumah sakit yang dikelolanya ini, dokter Alif rutin menggelar bakti sosial secara gratis, seperti pemeriksaan kesehatan, khitanan massal, operasi katarak hingga mendaftarkan warga rentan di BPJS Ketenagakerjaan. Program-program sosial tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Disela-sela kesibukannya menjadi nahkoda RS Fathma Media, dokter Alif juga aktif di organisasi sosial kepemudaan, seperti menjadi Bendahara Pc Gp Ansor Kabupaten Gresik, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Gresik, hingga Ketua Yayasan Al Mustaqillah.


Bapak tiga anak ini mulai terjun ke dunia politik sejak 2017, yakni ketika dipercaya memegang komando Ketua DPC Partai Gerindra. Dua tahun berselang, karir politiknya semakin moncer setelah terpilih menjadi anggota legislatif daerah pemilihan (dapil 8) Manyar, Bungah dan Sidayu. Ia kemudian menjadi Wakil Ketua Dprd Gresik setelah partai yang dipimpinnya mampu memperoleh 8 kursi di legislatif.


“Saya terjun ke politik demi kemaslahatan umat. Kalau saya hanya dilingkup kesehatan, yang saya bantu mungkin tidak bisa banyak, namun ketika saya sudah terjun di politik dan memiliki jabatan, insyaallah saya bisa membantu orang lebih banyak lagi,” kata dokter Alif, ketika ditanya alasan terjun ke dunia politik, Sabtu (17/10/2020).


Kepiawaan dokter Alif dalam berbagai bidang. Baik kesehatan, organisasi maupun politik membuat Mohammad Qosim, Wakil Bupati Gresik, tertarik mengandengnya sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gresik di Pilkada serentak 2020 ini.


Pasangan yang mengusung slogan ‘Gresik Ayem Tentrem’ ini bertekad untuk membangkitkan perekonomian dan kesehatan warga. Apalagi saat ini ada pandemi Covid-19.    “Kalau kami jadi, seluruh masyarakat akan kami daftarkandi BPJS Kesehatan. Kita sudah punya data, dari Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan. Bahwa yang belum terdaftar di BPJS sekitar 30 persen.  Yang belum ini akan kami daftarkan,” ungkap Alif.  


Tak hanya itu, jika terpilih, QA berencana akan membuat ambulan udara dengan membeli helikopter yang menghubungkan Gresik daratan dengan Pulau Bawean.  Menurutnya, saat ini di Bawean sudah ada rumah sakit dan fasilitas yang memadai. Hanya saja, masih kekurangan dokter spesialis. Beberapa kali Pemkab dan DPRD Gresik membuka lowongan dokter spesialis dengan gaji tinggi, namun tidak ada yang berkenan. Salah satunya karena faktor lokasi yang jauh.


“Kami sangat menghargai setiap nyawa warga Gresik. Jangan sampai ada warga yang meninggal gara-gara tidak tertangani dengan cepat. Untuk itu, saya bersama Pak Qosim berencana membeli helikopter dan setiap desa ada 1 ambulan,” tegasnya. 


Sementara itu, istri Asluchul Alif,  dr. Shinta Puspitasari mengaku, suaminya merupakan sosok pekerja keras yang sangat menyayangi keluarga. Bahkan, meski ditengah kesibukannya, dokter Alif selalu berkomunikasi dan bercengkrama bersama keluarga.


“Dia suami yang baik, penyabar dan penyayang. Dari dulu jiwa sosialnya dan jiwa kepemimpinannya sangat tinggi. Itu saya lihat sejak kami masih sama-sama dibangku kuliah,” terang dr. Shinta. 


Bagi warga yang megenal dokter Alif, kehadirannya senantiasa memberi harapan dan inovasi kalangan anak muda. Saat berkunjung dan menyapa warga di Gresik Selatan, khususnya Balongpanggang dan Benjeng, sambutan masyarakat ini tak hanya ditujukan kepada Cabup Qosim, namun juga disampaikan untuk pasangannya dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati (Pilbup) Gresik, dr. Asluchul Alif. 


"Dokter Alif ngobrolnya enak, ceplas ceplos koyok ambek konco dewe (Gaya komunikasinya Dokter Alif enak didengarnya, blak-blakan seperti teman akrab sendiri)," ungkap Agung Prayoga salah satu pemuda asal Balongpanggang.


 Menurutnya, obrolan dengan khas Jawa Timuran telah membuat komunikasi cawabup nomor urut 1 dengan masyarakat terasa lebih dekat dan akrab. Bahkan tidak merasa malu untuk berdiskusi dengan siapa saja, termasuk para pemuda desa. Sehingga anak-anak muda pun bisa lebih bersemangat serta saling tukar ide maupun gagasan.


"Kami berharap agar Qosim-Alif (QA) bisa memperjuangkan peningkatkan ekonomi di tingkat desa dan mampu membuka lapangan pekerjaan, khususnya bagi anak muda," lanjutnya.


Selain Agung, Rini asal Cerme juga mengaku senang dengan sikap dokter Alif. Karena orangnya murah senyum dan mudah akrab dengan siapapun. "Beliau kepada siapapun tersenyum. Jadi, orang tidak malu untuk menyapa," urainya.

Untuk menyikapi sambutan baik tersebut Dokter Alif mengungkapkan, dirinya memang menjadikan politik sebagai sesuatu yang menyenangkan. "Selain itu, kita harus tetap berpikir positif agar tidak mudah sakit hati," tandasny. (nm)

Baca Juga

Related Posts