Hot News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 10 November 2020

MENGKAJI TEMA PAHLAWANKU SEPANJANG MASA

 Artikel Hari Pahlawan 10 Nopember 2020

oleh : Agung Santoso, Ketua Forum Komunikasi Pemimpin Redaksi Media (FKPRM) Jawa Timur 


SURABAYA  - gerbangnusantaranews.com

TEMA ini memiliki maksud, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah sepantasnya dikenang sepanjang masa oleh seluruh masyarakat Indonesia.


Para pahlawan telah menyabung nyawa demi Indonesia pertiwi. Tiada terkira baktinya untuk negeri ini harus tidak berharap atas imbalan tanpa pamrih. 


Sungguh sebuah perjuangan yang penuh dengan penderitaan dan kesengsaraan yang berkepanjangan.


Itulah yang telah mereka lakukan untuk generasi penerusnya untuk kita yang sekarang ini, dan yang akan datang.


Pahlawan yang telah gugur di medan juang, adalah mereka yang tetap menjadi pahlawannya bangsa Indonesia. 


Pahlawan yang harus dimuliakan atas nama nilai-nilai kemanusiaan untuk merdeka. Hal itu haruslah menjadi ingatan sejarah. 


Menjadi ingatan kolektif bangsa ini. Kolektivitas bangsa harus mengingatnya bukan hanya pada saat ini saja. 


Tetapi harus lebih penting adalah untuk selamanya. Sepanjang masa adalah tetap menjadi pahlawannya bangsa Indonesia. Mereka adalah pahlawanku sepanjang masa. 


Inilah yang harus menjadi perhatian serius. Untuk tetap diingat sepanjang masa, selamanya.


Dengan memaknai pahlawanku sepanjang masa, maka yang patut dilakukan pada saat ini dan mendatang adalah dengan cara mengaplikasikan nilai-nilai dan semangat kepahlawanan yang telah mereka lakukan pada masa lalu. 


*PAHLAWAN MASA KINI*


Mari kita maknai momentum Hari Pahlawan juga bisa menjadi pahlawan masa kini yang berjuang melawan kebodohan,  berjibaku menjadi generasi  cerdas, kreatif, dan melakukan perubahan di berbagai bidang kehidupan. 


Mari para pewaris negeri ini jadilah kita pahlawan masa kini dengan berani memikul beban tanggung jawab masa depan negeri. 


Bangun kesadaran sejarah bahwa wajah negeri hari ini adalah cermin masa depan bangsa.


Ayo saudaraku, anak muda Indonesia jadilah pahlawan masa kini dengan tidak pernah berhenti belajar, sebab tantangan hanya dapat ditaklukkan dengan ilmu pengetahuan. 


Jadilah sang pengais ilmu di mana saja berada. Bangun kapasitas, tingkatkan kualitas diri, dan luaskan cakrawala berfikir. 


Belajarlah juga dari kegagalan sebagai objek pengalaman yang amat berharga di masa depan.


Anak bangsa Indonesia yang tumbuh dengan meminum air jernih khatulistiwa, jadilah pahlawan masa kini dengan membangun  kompetensi yang sesuai dengan keahlian dan peminatan. 


Dunia karier, profesional, dan entrepreneur semakin kompetitif dan membutuhkan keahlian spesifik.


Semua rakyat Indonesia, kaum laki-laki dan  perempuan,  mari bergerak dan saling bergandeng tangan. 


Jadilah pahlawan masa kini dengan terlibat dalam banyak gerakan, seperti pendidikan yang layak untuk semua, pendidikan karakter, pengasuhan keluarga, setop kejahatan seksual pada anak dan perempuan.


Stop perdagangan perempuan; hingga gerakan menghilangkan kesenjangan ekonomi yang membuat perempuan sulit mendapatkan akses karena salah satu komponen demokrasi yang sehat adalah partisipasi publik yang baik.


Jadilah pahlawan masa kini yang menguasai teknologi dan bukan jadi korban dan ketergantungan. 


Gunakan itu untuk mendatangkan manfaat bagi orang banyak, jangan malah membuat sakit jiwa dan abai pada lingkungan sosial sekitar.


Jadilah pahlawan masa kini dengan membangun karakter positif diri. Kehidupan bermartabat yang membahagiakan bukan hanya butuh otak dan kekuatan fisik, tapi juga kebeningan hati. 


Perpaduan akal yang cerdas dan hati yang bening akan menjadi tempat subur bagi munculnya karakter positif.SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOPEMBER 2020.(red)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot