qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Menelisik Balai Rukyat Condrodipo Gresik

GRESIK, GNN

Bukit Condrodipo merupakan komplek pemakaman yang berada pada komplek Pemakaman Kasultanan Giri Kedaton, sebelah barat Kompleks pemakaman keraton Sunan Giri di bukit Condrodipo terdapat makam Mbah Condrodipo dan Nyai Condrodipo. Bukit ini memang sengaja dibangun Balai Rukyatul Hilal, sebagai tempat pengamatan Hilal resmi di kota Gresik. 

Lokasinya yang terletak di puncak bukit tepatnya di desa Kembangan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. 

pemandangan ke arah Barat yang sangat luas, menjadikan Balai Rukyatul Hilal ini banyak diminati oleh para pemburu hilal dan seringkali hilal dapat disaksikan dengan jelas dari puncak bukit ini.

Selain itu, Balai Rukyatul Hilal dilengkapi dengan alat-alat Rukyatul Hilalnya mulai dari yang sederhana sampai yang modern. Mulai dari Gawang yang telah dilengkapi dengan alat ukur arah, Theodolit elektronik, aplikasi-aplikasi astronomi sampai Teleskop dan teropong bumi.

Sebelum Condrodipo ditemukan ada catatan sejarah untuk diketahui bahwa ada 6 titik tempat yang akan dibuat tempat Rukyatul hilal dibeberapa tempat dilokasi area tersebut akhirnya dengan beberapa pertimbangan dan konsultasi kepada LFNU dan pemerintah Kabupaten Gresik serta melalui doa tawashul akhirnya tempat condrodipo resmi menjadi balai rukyatul hilal sekitar tahun 2014 saat bupati KH Robbah Ma'shum.

Dewan Pakar lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Gresik Gus Inwan Nuddin menuturkan, sebelum condrodipo ditemukan atau diresmikan kita tim dari LFNU Gresik ketika akan rukyatul hilal tempat lokasi adalah pantai ujungpangkah namun ada beberapa kendala ketika kita akan melaksanakan di tengah laut kendalanya yakni alat teropong yang ditancapkan di perahu ini akan goyang tidak bisa tenang karena ombak." Padahal ketika rukyatul hilal suasana harus tenang begitu juga dengan alat yang kita pakai." Tuturnya

Ia juga berpikiran untuk mencari tempat bagaimana LFNU Gresik punya balai rukyatul hilal didarat dengan akses mudah dijangkau dan srategis akhirnya tempat Condrodipo itu menjadi tempat resmi balai rukyatul hilal LFNU Gresik." 

"Untuk agenda menentukan 1 Ramadhan 1443 H rukyatul hilal LFNU Gresik akan melaksanakn pada hari Jumat 1 april 2022 dengan melibatkan tim rukyatul hilal LFNU, pemerintah Kabupaten Gresik dan ormas di Gresik."tutup Gus Inwan (Hoo)

Baca Juga

Related Posts