qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Studi Budidaya Kerang Hijau BKNU Pamekasan Kunjungi BKNU Gresik

GRESIK, GNN 

Badan kemaritiman Nahdlatul Ulama (BKNU) Pamekasan Studi Tiru Budidaya Kerang Hijau pada nelayan Ujungpangkah yang dikordinasi oleh BKNU Gresik pada Pasca kunjungan pada 13 maret lalu. 

Rombongan BKNU Pamekasan melakukan Studi Tiru Budidaya Kerang Hijau pada nelayan Ujung Pangkah. “Setelah kami berkunjung, kami mendiskusikan dengan beberapa kelompok nelayan tentang keberadaan budidaya kerang hijau di Gresik yang unik dan menantang, dan alhamdulillah, beberapa kelompok nelayan Pamekasan ingin belajar langsung dan datang ke Gresik pada hari ini. (29/03/2022)

Sebelumnya, kami terbiasa dengan budidaya rumput laut,” demikian disampaikan Pimpinan Rombongan BKNU Pamekasan, Bapak Maskurdi dengan menghadirkan 3 perwakilan kelompok nelayan. 

Dalam kunjungan, rombongan di antar  oleh Saudara Khamim ke lokasi laut Ujungpangkah Bangsalsari Banyuurip tempat instalasi rumpon untuk secara langsung melihat dan mempraktikkan cara mencari lokasi, memasang bambu dan jaring yang ditancapkan ke beberapa titik untuk rumah kerang (rumpon). Di samping itu, mengambil beberapa gumpalan bibit kerang yang sudah dewasa untuk dibawa ke Pamekasan.  

"Setelah kami bersama ke lokasi tadi, kami menjadi yakin bahwa budidadya kerang hijau dapat dilakukan nelayan kami di Pamekasan," kata Amirullah, Ketua Kelompok Nelayan Mina Tanjung. 

Dalam kesempatan ini, hadir Ketua BKNU Gresik  Masruron, SH. dan beberapa pengurus BKNU Gresik yang turut mendengar dan berbagi pengalaman. “kami sangat senang dan bangga bisa menghantarkan rombongan Pamekasan untuk belajar langsung dari para pendampingan nelayan kami. Harapan kami, ini bisa memberi manfaat bagi jam`iyah dampingan BKNU di sana untuk lebih berdaya.” 

Agenda studi tiru diakhiri dengan pemberian cenderamata berupa Buku Pengalaman Nelayan Pamekasan dalam berbudidaya rumput laut  dari BKNU Pamekasan kepada BKNU Gresik dan MWC Ujung Pangkah. “Terima kasih untuk dukungan MWC Ujung Pangkah yang ikhlas membantu BKNU Gresik, 

harapan kami, ke depan, BKNU Gresik dengan tangan terbuka menerima masukan untuk pembentukan PAC BKNU Ujungpangkah dan kecamatan-kecamatan lainnya." Tutup cak ron sapaan akrabnya (Hoo)

Baca Juga

Related Posts