qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Tradisi Nyekar Bareng saat Nisfu sya'ban di Dusun Purworejo

GRESIK, GNN 

Nisfu sya'ban adalah salah satu momentum sakral bagi umat Islam, sehingga banyak umat Islam yang melaksanakan Ibadah khusus seperti halnya Berpuasa, Berdzikir, Membaca Surat Yasin 3 Kali dan Berziarah kemakam keluarga.

Sepeti halnya dilakukan oleh warga Dusun Purworejo Desa Metatu Kecamatan Benjeng Gresik. Keliatan nampak Berbondong bondong mulai dari anak kecil hingga orang tua semuanya berjalan menuju ke Makam untuk menghadiri Tradisi yang sudah berjalan tiap tahun di dusun tersebut yaitu Nyekar Nisfu sya'ban.

Acara yang berawal dari gagasan Remaja masjid tersebut sampai hari ini masih dilestarikan oleh warga masyarakat dusun Purworejo.

Acara yang dimulai jam 16.0 dengan tawasul dan istighosah yang dipimpin oleh Ust. Saiful Rohman kemudian dilanjutkan Yasin tahlil dan doa Penutup berjalan secara khidmat. Terlihat pembaca Doa Terakhir KH. Ali Ridlwan nampak Menangis dengan terbatas batah saat membacakan Doa.

Sahabat Hanif Romadhon yang menjadi salah satu inisiator kegiatan tersebut menyampaikan rasa kebanggaan atas terselenggaranya Tradisi Nyekar tahun berjalan dengan khidmat dan lancar.

" Nyekar Bareng ini hampir 2 tahun tidak bisa kita laksanakan karena Pandemi Covid 19, dan Al Hamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan dan mentradisikan kembali dengan sukses dan luar biasa. Semoga Tradisi ini bisa berjalan secara Istiqomah setiap tahun nya ". Ucap Hanif Romadhon.(lut)

Baca Juga

Related Posts