qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Pemdes Babatan Selenggarakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa

MOJOKERTO, GNN 

Langka strategis dalam pembekalan pada aparatur pemerintahan desa, agar bisa bekerja dan memberi pelayanan terbaik pada masyarakat, Pemdes Babatan Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik selenggarakan Bimtek Peningkatan kapasitas aparaturur Pemerintahan Desa yang diikuti oleh Kepala desa Sagita beserta perangkat desa, BPD, LKD, PKK, dan Karang Taruna.

Acara yang diselenggarakan di Kabupaten Mojokerto selama dua hari (25-26 Mei 2022) ini dihadiri oleh Camat Balongpanggang M.Amri, Sekcam Nurul Muchid, Kasi Pemerintahan Murni.

Dalam sambutanya Kades Babatan Sagita menyampaikan harapan agar dengan Bimtek ini mampu menjadi bekal dalam menjalankan tugas, sehingga kedepan desa Babatan bisa jadi lebih baik dan terbaik di kecamatan balongpanggang.

Sementara Camat Balongpanggang M.Amri memberikan paparan tentang keberadaan desa secara yuridis formal diakui dalam UU NO. 23/2014 tentang pemerintahan daerah dan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Ini  menjadi langkah utama dalam mewujudkan kebijakan pemerintah sebagaimana disebutkan diatas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan maupun layanan yang akan diterima oleh masyarakat jika memang undang-undang tersebut diterapkan dengan sungguh-sungguh, terang Amri

Hal ini disebabkan karena dengan diakuinya desa sebagai sebuah daerah otonom menjadikan desa memiliki peran utama dalam mengelola, memberdayakan dan memajukan sumber daya yang tersedia, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Sehingga pada akhirnya mampu menggerakkan roda pembangunan yang harus diiringi kesadaran akan pemahaman spirit otonomi bagi seluruh penggerak warga desa dan kapasitas perangkat juga masyarakat dalam memahami tata kelola pemerintahan.

Lebih lanjut Amri juga mengingatkan bahwa Kepala desa dan perangkatnya mempunyai tugas berat dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa, sehingga  saat ini, Desa dituntut mampu mengelolah anggaran pemerintah yang nilainya cukup besar, Sehingga perlu bagi Kades dan perangkatnya untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berbagai kegiatan pelatihan ataupun bimbingan teknis (Bimtek). 

Sebab kegiatan peningkatan SDM aparatur desa ini dinilai sangat membantu dalam peningkatan kapasitas dan kemampuan perangkat desa sehingga perlu dilakukan setiap saat. 

Pada penghujung sambutanya M.Amri mengingatka akan tujuan dan harapan dari kegiatan semacam ini adalah :

1.tujuan pelaksanaan kegiatan adalah meningkatkan kapasitas perangkat Desa dalam proses penyelenggaraan pembangun desa, agar saran pembangun lebih terarah, pengelolahan dana desa (DD) yabg saat ini menjadi tanggung jawab desa akan berdampak positif terhadap pembangunan Desa.

2.Diharapkan pelatihan ini bisa memberikan pemahaman para aparatur desa, Oleh karena itu output Dari Kegiatan ini diharapkan seluruh perangkat Desa yang mengikuti pelatihan dapat memahami tugas dan wewenangnya sehingga kegiatan pemerintahan Desa dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada guna mencapai kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi

Acara diteruskan dengan paparan materi dari narasumber lainnya yakni Sekcam Balongpanggang Nurul Muchid dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Balongpanggang Murni.(WLO)


Baca Juga

Related Posts