qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan Berkunjung ke Setigi & Agro KPI

GRESIK, GNN 

Luar biasa Desa sekapuk, untuk kesekian kalinya, rombongan DPRD dari luar Kabupaten Gresik, melakukan kunjungan kerja ke Desa Sekapuk Ujungpangkah. Desa yang dipimpin Kades Abdul Halim ini kondang disebut Desa Miliarder. Selain memiliki dua wisata Desa, yakni Setigi dan agrowisata KPI (Kebun Pak Inggih), Desa ini berhasil mengubah status IDM (Indeks Desa Membangun) dari Desa Tertinggal melejit menjadi Desa Miliarder. 

Rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan Tinjauan Lapangan Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, Kamis (19/5/2022). Tidak tanggung², Rombongan dipimipin langsung oleh Ketua DPRD Tabalong Kalsel H Mustafa bersama Kepala Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Pemkab Tabalong. 

Sayangnya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Gresik serta Ketua Komisi I DPRD Gresik tidak tampak mendampingi. Beruntung masih ada H Mudhofar, Sekcam Ujungpangkah yang gigih tanpa pamrih turut mendampingi Pemdes Sekapuk berbagi ilmu untuk bersama-sama membangun desa menuju Desa Mandiri, bahkan mewujudkan Desa Miliarder. 

"Alhamdulillah, untuk kesekian kalinya, desa kami menjadi percontohan desa lain di luar Gresik untuk bersama-sama membangun desa menuju Desa Mandiri, hingga menjadi Desa Miliarder. Terima kasih atas kunjungan dari Rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Tabalong Kalsel ke Desa Sekapuk sekaligus berkeliling menikmati dua wisata Desa kami, yakni Setigi dan Agro KPI," ungkap Kades berjuluk Ki Begawan Setigi ini. 

Sayangnya, sambung pencetus dan eksekutor agrowisata KPI (Kebun Pak Inggih) ini, tidak ada satu pun dari Dinas PMD maupun anggota Komisi I DPRD Kabupaten Gresik yang turut mendampingi rombongan wakil rakyat serta pejabat dari Kalimantan Selatan ini. 

"Semoga mereka segera mendapat hidayah," ucap Kades Sekapuk Abdul Halim mendoakan para pejabat dan wakil rakyat yang ada di Kabupaten Gresik. 


Sementara Ketua DPRD Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan H Mustafa didampingi Kadis PMD Pemkab Tabalong Erwan Mardani mengaku salut dan takjub atas kerja keras, kegigihan, dan kebersamaan Pemdes Sekapuk bersama warganya hingga berhasil menjadi Desa Miliarder. Semoga ilmu dari Sekapuk Gresik bisa dijadikan contoh untuk seluruh Desa yang ada di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. 

"Kami sangat mengapresiasi dan salut luar biasa atas keberhasilan Desa Sekapuk yang sebelumnya Desa Tertinggal, kini sudah menjadi Desa Miliarder. Kami juga kagum dengan keberhasilan Bumdesnya yang memiliki banyak unit usaha, termasuk mengelola dua wisata Desa, yakni Setigi dan Agro KPI. Mantap pokoknya, banyak ilmu yang bisa kami bawa pulang ke Kalimantan Selatan," tandasnya penuh semangat. (Didik Hendri Telisik Hati)



Baca Juga

Related Posts