qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

UCAP HARU WAKIL WALI SANTRI, IRINGI PELEPASAN SISWA KELAS IX MATSAMAS

GRESIK, GNN 

“Matsamas ini, sekolah yang luar biasa. Prestasinya sudah tak terbantahkan. Selain bertabur prestasi, pendidikan akhlak dan moral juga intens diberikan, mendapatkan porsi lebih dan perhatian maksimal. Jujur, saya mewakili wali santri merasa bangga dengan madrasah ini” ucap Bapak Shahibul Farihin, S.Pd guru dari SMAN 1 Paciran saat maju memberikan sambutannya sebagai wakil wali santri di acara pelepasan siswa kelas IX Matsamas, Kamis, 16 Juni 2022. 

Acara pelepasan siswa kelas IX MTs YKUI Maskumambang, berlangsung cukup sederhana, Meski demikian, terlihat sangat hikmat dan penuh haru. Memang tak ada pertunjukan seni seperti acara-acara pelepasan siswa pada umumnya. Namun itu tak mengurangi esensi dan kekhidmatan dari acara pelepasan kelas IX ini. 

Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB, bertindak sebagai pembawa acara adalah ustadz Ilyasa Hadi. M.Pd. Acara pun dibuka dengan basmalah lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an. Adalah Ahmad Rafael Haidar yang bertindak sebagai pembaca ayat suci Al Qur’an. Siswa kelas 7A ini adalah santri berprestasi di kelas khusus program tahfidz. Suaranya merdu dan fasih.

Acara pun berlanjut dengan sambutan - sambutan. Ustadz Ghoits, BA selaku ketua yayasan memberikan sambutan pertamanya. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang pentingnya pendidikan berkelanjutan, anak anak harus menyiapkan fisik dan mental yang baik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tumbuhnya jiwa harus dibarengi dengan tumbuhnya akal agar selaras dan tak timpang. Orang tua juga harus bisa mendampingi si anak dengan baik karena tantangan pendidikan akan menjadi jauh lebih besar.

“Maskumambang akan terus berbenah, meningkatkan kualitas dari masa ke masa. Racikan kurikulum tersendiri yang efektif dan efisien sesuai dengan dasar kebutuhan serta berorientasi pada adab dan akhlak menjadi ciri khas yang akan terus diwujudkan” tuturnya menambahkan di akhir sambutannya.

Usai sambutan ustadz Ghoits, acara pun berlanjut dengan sambutan yang kedua, yang disampaikan oleh ustadz Nidlol Masyhud, Lc., Dpl. selaku pengasuh Pondok Pesantren Maskumambang. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tentang pendidikan zaman sekarang yang tak lagi mudah, banyak sekali tantangan dan hambatannya yang tentu harus jauh dipersiapkan dengan baik dan matang. 

“Maskumambang sendiri, fokus pada penguatan kualitas kepribadian dan karakter, kemampuan bahasa dan penguasaan sains” tutur ustadz Nidlol menambahkan dalam sambutannya.

Acara pun berlanjut dengan sambutan yang ketiga dari ustadz Imam Subkhi, S.Pd.I selaku Kepala Madrasah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang pentingnya jalinan silaturrohmi antara walisantri dan lembaga agar terus terjalin dengan baik meski anak-anak sudah menjadi purna siswa dari MTs YKUI Maskumambang. “Semoga tiga tahun belajar di Matsamas menjadi kenangan indah yang akan terus membekas. Cintai almamater, dan banggakan almamater. Semoga kelak kalian sukses, menjadi pribadi hebat yang berakhlak karimah. Ingat kecerdasan penting, tapi kepribadian jauh lebih penting” pungkasnya menambahkan di akhir sambutannya.

Setelah rangkaian sambutan, tibalah prosesi wisuda. Ustadz Ilyas selaku pemandu acara, memangil siswa satu persatu. Dengan langkah tegap, terbalut seragam hitam putih dan berdasi, mereka pun maju ke atas panggung. Senyum merona terpancar dari wajah mereka, Terlihat sekali mereka bahagia, perjuangan panjang menuntut ilmu selama tiga tahun di madrasah tercinta terbayar lunas di moment bahagia nan hikmat ini. 

Selamat untuk kalian semuanya. Tiga tahun telah kalian lalui, berjuang bersama menuntut ilmu di madrasah tercinta. Semoga lelahmu terbayar pahala, semoga tekunmu terbalut ibadah dan semoga ilmumu bergelimang manfaat. Sukses dunia akhirat untuk kalian semuanya. Barakallah. (Husni M/Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts