qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Wagub Emil Elestianto Dardak : Jatim Siap Jalin Kerjasama di Sektor Pendidikan dan Ekonomi Digital

MALANG, GNN 

Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur) mendampingi kunjungan kerja Wakil Perdana Menteri Australia Barat Roger Cook ke Jawa Timur, melakukan peninjauan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari Malang, Selasa (31/5/2022).

Wagub Emil mengajak Wakil PM Australia Barat untuk melihat langsung dan bertatap muka dengan para milenial yang mengembangkan karya-karyanya melalui program yang dicanangkan oleh Pemprov Jawa Timur. Yaitu East Java Super Coridor (EJSC) dan Millenial Job Center (MJC) yang dipusatkan di Bakorwil-bakorwil yang ada di Jawa Timur. Termasuk salah satunya yakni Bakorwil Malang.

Sebagai informasi, EJSC merupakan ruang kolaborasi yang menyediakan tempat untuk sharing atau berbagi antar individu, komunitas, maupun perusahaan khususnya start up, serta memberikan fasilitas usaha job training pendidikan vokasi fasilitas pembiayaan modal usaha pada tahap awal usaha sekaligus fasilitas usaha.  

Sementara MJC, yakni program pengembangan kompetensi yang menekankan pada 'On Job The Learning' dimana para pesertanya diberikan sebuah pekerjaan temprorer berbayar dari klien usaha atau organisasi.

"EJSC dan MJC yang diinisiasi oleh Ibu Gubernur untuk meningkatkan peran Bakorwil diharapkan dapat mendongkrak ekonomi kreatif dan juga mendorong pelaku UMKM yang ada di masing-masing daerah. Tadi Pak Wakil PM Australia Barat juga bertatap muka dengan generasi muda yang sudah mengembangkan karya-karya yang luar biasa," jelas Emil.

Lebih lanjut Emil menambahkan, dengan adanya pertemuan bilateral, dirinya berharap hal tersebut dapat memberikan banyak potensi kerjasama. Dimana sebelumnya, terkait pembahasan potensi kerjasama di sektor transportasi jalur laut pelabuhan Banyuwangi-Fremantle Australia Barat, dan jalur udara serta terkait sektor pariwisata.

"Makanya September nanti Perdana Menteri Australia Mark McGowan akan ke Surabaya bertemu dengan Ibu Gubernur untuk meresmikan kelanjutan sister province," tambah Emil.

Emil berharap, dengan melihat langsung kontribusi dari MJC kepada para pelaku usaha UMKM, mendapat dukungan dari pihak Pemerintah Australia Barat agar dapat menjalin kerjasama dengan Jawa Timur utamanya di sektor pendidikan dan pengembangan ekonomi digital.

"Kita percaya tourism treat investment. Kalau orang sering berkomunikasi, berdagang maka akan menghasilkan investasi. Tahapan ini akan kita lakukan setelah tertahan dari Pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir," imbuhnya.

Terlebih, lanjut Emil, Pemprov Jatim juga mendapatkan undangan khusus dari Pemerintah Australia Barat untuk mengikuti program-program spesifik yang telah dipersiapkan pemerintah setempat. Salah satunya yakni peninjauan kampus-kampus dan perusahaan di Australia yang sebelumnya sudah banyak melakukan investasi di Indonesia termasuk di Jawa Timur.

Sebelumnya, dikesempatan yang sama, Wagub Emil juga mengajak Wakil Perdana Menteri Australia Barat Roger Cook untuk meninjau progres pengembangan KEK Singhasari disektor SDM dan pendidikan dengan melibatkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Program tersebut merupakan pengembangan program Center for Future of Work, yakni penyiapan generasi muda yang dapat mendorong mereka untuk menguasai keterampilan dan kemampuan berdasarkan passion mereka masing-masing. Dimana didalamnya terdapat program pembekalan yang berorientasi pada pekerjaan-pekerjaan masa depan dan pengembangan digital.

Usai melakukan peninjauan, Wakil Perdana Menteri Australia Barat Roger Cook mengaku sangat terkesan dengan berbagai program Pemprov Jatim dalam rangka pengembangan ekonomi digital.

"Luar biasa, saya dapat hadir di sini bersama Bapak Wagub Jatim untuk melihat KEK dan EJSC, sehubungan dengan pengembangan untuk universitas, bisnis startup. Ini menghadirkan kesempatan baru bagi Jawa Timur dan Australia Barat untuk berkolaborasi," jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, dengan perhatian Pemprov Jatim terhadap ekonomi digital, menurutnya sangat berkaitan dengan tata ekonomi di masa depan.

"Masyarakat kian erat kaitannya dengan teknologi dan perkembangan teknologi, serta berseirimg dengan berjalannya ekonomi. Hal yang penting kita lakukan adalah untuk menjangkau generasi muda dengan skill yang mereka punya,  karena dapat dimanfaatkan untuk mendapat kesempatan kerja lebih luas," terangnya.

Cook berharap, dengan adanya program ekonomi digital ini, para kaum muda dapat mewujudkan ide mereka dan bekerjasama dengan bisnis-bisnis lokal. Menurutnya, local business dapat memanfaatkan kesempatan untuk mengembangkan branding, marketing, serta social media. 

"Saya sangat senang bisa turut menyaksikan hal ini. Dan bisa kami katakan, pemerintah Australia Barat sangat bersemangat untuk berkolaborasi dengan Jatim," imbuhnya. (kj)


Baca Juga

Related Posts