qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Kepala Kemenag Dan Kasi Pendma Hadir Pada Giat Monev BOS Dan PIP 2022 Di Ponpes Ihyaul Ulum Dukun

GRESIK,  GNN 

Kepala Kemenag Gresik dan Kasi Pendma melakukan pembinaan dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) BOS dan PIP tahap 1 tahun 2022 di Aula MTS Ihyaul Ulum Ponpes Ihyaul Ulum Dukun Gresik (28/7/2022)

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Gresik Drs.H. Sahid, MM beserta Kasi Pendma Masfufah, M. Pd., bersilaturahmi ke pengurus Ponpes Ihyaul Ulum Dukun

Sebelumnya, kehadiran Kepala Kemenag Gresik ke Ponpes Ihyaul Ulum Dukun ini dalam rangka Monev BOS RA, BOS Madrasah Tahap 1 dan PIP Tahun 2022 se-Kecamatan Dukun,Ujungpangkah, Panceng, Bungah dan Sidayu.

Tim Pengelola BOS  Kemenag Kabupaten  Gresik melakukan monitoring dan evaluasi BOS dan PIP Tahun 2022 di MTS Ihyaul Ulum Ponpes Ihyaul Ulum Kecamatan Dukun  mulai Pukul 08.00 sampai selesai.

Sebanyak  Madrasah menghadiri undangan dari Tim Verifikator BOS Kemenag Kabupaten Gresik. Madrasah terdiri dari Madrasah Aliyah (MA),  Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Raudhotul Athfal (RA) dari 5 kecamatan se pantura.

Adapun Tim Verifikator BOS Kemenag Kabupaten Gresik merupakan kerja sama antara Seksi Pendidikan Madrasah (Pendma) dengan Pengawas Madrasah yang sudah berpengalaman, yaitu : Mulyono Malik, Siti Zur'ah, Moh Fauzan, Ahmad Fauzan, Zainuri, Fasich, Mujtahid, Mimin, Eko Wahyudi dan yang lainya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Drs. H. Sahid, MM dalam sambutannya menjelaskan, karena BOS berasal dari anggaran negara, maka harus dimonitoring apakah sesuai dengan juknis. Jika ada yang belum lengkap, agar segera melengkapi sesuai  instrumen yang ada. 

Bantuan berupa BOS Madrasah, BOP di RA dan PIP Tahun 2022 digunakan untuk meningkatkan mutu sekolah. Hingga sekarang pembukuan pelaporan dana BOS sudah sangat baik. 

Lebih lanjut Sahid menjelaskan, madrasah harus punya inovasi, semangat entrepeneurship. Ajak bicara orang-orang di madrasah untuk koordinasi dengan stakeholder bagaimana madrasah maju. Salah satu tujuan BOS diberikan untuk mengurangi angka putus sekolah dan menyukseskan wajib belajar 12 tahun."ujarnya

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Masfufah, M.Pd memberikan keterangan bahwa kegiatan ini dilakukan agar pelaporan BOS dan BOP sesuai dengan regulasi yang berlaku. Setiap madrasah akan diasesor oleh pengawas yang berbeda."jelasnya

Nurus Shobah Ketua KKMI Dukun menjelaskan kegiatan Monev ini bagian dari silaturrahmi antar kamad dan guru disamping belajar bersama." Saling kordinasi dan saling memberikan informasi." Tutur Shobah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan evaluasi pelaporan BOS yang dibagi menjadi beberapa tempat tiap madrasah. Nantinya setiap tempat akan ditangani oleh Tim Asesor BOS Kemenag Kabupaten Gresik.

Turut hadir pada acara Monev Bos dan PIP tahun 2022 KH Malik wakil dari pengasuh Ponpes Ihyaul Ulum Dukun sebagai shohibul dakwah, Kepala madrasah (Kamad) dan bendahara Madrasah se 5 kecamatan Pantura Dukun, panceng, Sidayu, Ujungpangkah dan Bungah (Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts