qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Ponpes Alkarimi Gelar Masa Orientasi Santri (MOS) Tahun Pelajaran 2022/2023

Gresik, GNN 

Masa Orientasi Siswa adalah masa pengenalan lingkungan santri yang menjadi tempat ia mondok dilingkungan pesantren. Pengenalan lingkungan tersebut berkaitan dengan adaptasi lingkungan pesantren.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan oleh santri agar dalam menempuh segala aktivitas dan pembelajaran dilingkungan pesantren bisa enjoy dan terbangun untuk membiasakan yang baik sesuai dengan budaya dan adat pesantren disamping kearifan lokal ponpes tersebut.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Ponpes Alkarimi Desa Tebuwung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Hari ini menggelar masa orientasi santri (MOS) tahun baru pelajaran 2022/2023. kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari  di dua tempat untuk santri baru putra bertempat di Musholla Umar ponpes Alkarimi dan untuk santri baru putri di Aula Umu Kultsum Ponpes Alkarimi. MOS ini melibatkan santri dengan jumlah 120 santri baru bermukim.  (15-16/7/2022)

Adapun materi yang disampaikan oleh Pemateri dari Ustadz Ustadzah yakni berkaitan dengan keorganisasian, Keaswajaan (NU), kepesantrenan, pengenalan lingkungan, kebangsaan, cakap luwes berkomunikasi (Public speaking) dan pintar menulis (Jurnalistik) disamping game game atau permainan yang lain yang dapat memberikan edukasi kepada santri ponpes Alkarimi.

KH Abdul Muhshi Pengasuh Ponpes Alkarimi mengatakan, MOS ini bisa memberikan pengertian dan pemahaman untuk santri agar selalu kenal lingkungan ponpes dan bisa membangun kemandirian santri itu sendiri." Ya ini menjadi pelajaran baru bagi santri baru untuk selalu berproses dan adaptasi di lingkungan pondok."ujanya 

"Karena kalau santri sudah faham akan budaya dan adat serta kearifan lokal maka dipastikan santri akan kerasan dan enjoy dalam proses pembelajaran dipondok maupun di lembaga formal." Jelas Yai Muhshi

Bahkan Yai Muhshi menambahkan, kegiatan MOS ini menjadi awal keberhasilan bagi santri untuk menempuh berproses dalam pembelajaran dan aktivitas santri untuk "Tholabul Ilmi" 

Harapanya semoga MOS ini bisa memberikan edukasi bagi stekholder ponpes Alkarimi dan santri untuk memberikan yang terbaik pada diri santri dan ponpes Alkarimi. Disamping sinergitas Asatidz wal asatidzah untuk selalu terbangun dengan komunikasi yang baik semoga bermanfaat." Pungkasnya (Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts