qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

DPMD Gresik : Monev Penggunaan Anggaran Dana Desa Serentak Se-kecamatan Balongpanggang

GRESIK, GNN 

Kegiatan Monitoring dan evaluasi (Nenev) yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) tersebut, diawali dengan paparan materi dan pengarahan yang disampaikan oleh Camat Balongpanggang M. Amri, Kasi Penggerak Swadaya Masyarakat DPMD Gresik Widiyatul Ilmiyah, dan Kasi Pengawas IV KPP Pratama Andy Soebagyo, di Pendopo Kecamatan Balongpanggang, 5/8/2022 Mulai Pukul 10.25 sampai selesai.

Pada arahannya Camat Balongpanggang M.Amri menyampaikan bahwa Kegiatan monev itu sangat perlu dan penting untuk dilakukan dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana penggunaan aanggaran desa atau uang negara, apa sudah sesuai dan tepat guna atau sebaliknya.

Perlu difahami bahwa setiap penggunaan uang negara itu ada pertanggung jawabannya baik secara administrasi maupun secara pelaksaan kegiatan yang menggunakan anggaran tersebut, jadi Monev itu perlu dan penting untuk dilakukan, tandas Amri. 

Dan kali ini DPMD hadir guna untuk memonitoring dan mengevaluasi, jangan sampai muncul permasalahan yang ditimbulkan, dan dengan monev ini akan memudahkan dalam melakukan pembinaan kedepannya.

Terkait dengan pembayaran pajak kegiatan kenapa harus diselesaikan pada saat pelaksanaan sedang berjalan (50 % tahapan kegiatan), adalah untuk antisipasi pembayaran atau pelunasan pajak, sebab berdasarkan pengalaman dan data pada tahun 2021 ada yang belum terbayarkan dan ini rentan muncul terjadinya permasalahan.

Adapun agenda monev tersebut ada dua yakni Monev Administrasi dan Monev pelaksanaan dilapangan.(WLO)


Baca Juga

Related Posts