qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

FGD CERME : Jaga Kondusifitas Lingkungan, Jangan Ada Kesempatan Untuk Berbuat Jahat

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah lingkungan, H. Umar Hasyim selaku Camat Cerme, selenggarakan kegiatan Forum Group Discussion (FDD) di Pendopo Kecamatan pada hari Kamis, 15 September 2022, dengan menghadirkan 3 Narasumber dari DPRD Kab. Gresik yakni Ketua Komisi III Sulisno Irwansyah, S.H, Wakil Ketua Komisi II Kamzawiyono, dan Anggota Komisi I H. Didik Widodo, S.E., Kapolsek Cerme AKP Musirham

Kegiatan dengan tema “Kerjasama Masyarakat dan Kepolisian untuk menjaga kondusifitas lingkungan" tersebut melibatkan peserta dari perangkat desa (Kepala dusun/Kasun) yang diambil 1 Kasun setiap desa.

Camat Cerme H. Umar Hasyim saat membuka dan memimpin acara tersebut Ia menyampaikan bahwa Kasun sebagai ujung tombak pemerintahan yang  bersinggungan langsung dengan masyarakat, sehingga kasun harus lebih peka dan tanggap dalam membaca situasi di lingkunganya.

Kasun juga harus pro aktif dalam membangun komunikasi sebagai langkah koordinasi, baik itu ke bawah (masyarakat) maupun ke atas (struktural pemerintah) yakni kepala desa.

Sebagai narasumber yang berkesempatan untuk mengawali paparan materi, Sulisno Irwansyah, Ia menyampaikan pentingnya Kasun bisa berkolaburasi dan mengenal lingkungan secara keseluruhan, baik itu batas wilayah,kewenangan, adat istiadat serta karakter masyarakat. 

Dalam membangun kolaburasi, Kasun harus bisa membangun komunikasi yang inten dengan masyarakat, Babinsa dan Babinkhantibmas agar bisa dengan cepat dalam penangan jika terjadi sesuatu, Pesannya sembari sampaikan gurauan dengan mengatakan "masak seorang kasun nomor hp Babinsa dan Babinkhantibmas saja gak punya"

Jadi jika terbangun sinergitas maka akan tercipta situasi dan kondisi yang kondusif.

Senada juga disampaikan Anggota Komisi I H. Didik Widodo, bahwa kasun harus memahami karakter masyarakat dari tingkat paling bawah (kolaburasi dan komunikasi yang baik, sebab karakteristik masyarakat setiap daerah berbeda beda, sehingga cara mendekatinya juga berbeda juga.

Sementara Wakil Ketua Komisi II Kamzawiyono secara gamblang terkait kehidupan dimasyarakat, Ia juga menceritakan pengalamannya saat menjadi kepala desa, sehingga permasalahan yang terjadi Ia juga mengalami, terangnya sembari berpesan bahwa kuncinya jangan memberi kesempatan orang untuk berbuat jahat (tidak baik), sehingga hal hal yang tidak diinginkan bisa di antisipasi.

Sebelum sesi dialog Kapolsek Cerme AKP Musirham memberikan arahan dan berharap adanya kerjasama dalam melakukan tindakan pencegahan, salahsatunya adalah komunikasi dan saling berbagi informasi, jadi informasi masyarakat sangat dibutuhkan.

Ia juga mengingatkan bahwa banyaknya perguruan silat yang tersebar hampir disetiap desa di Kecamatan Cerme ini, ini juga butuh pengawasan dari masyarakat termasuk pemangku dusun.

Jadi ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar jangan sampai terjadi hal hal yang tidak diinginkan, tandasnya, sembari menyampaikan bahwa Polsek Cerme secara inten laksanakan patroli.(WLO)

Baca Juga

Related Posts