qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Wakil Bupati Gresik Bersama Forkopimda Gelar Rakor Pengendalian Inflasi Daerah

GRESIK, GNN 

Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gresik menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Gresik, di Aula Mandala Bhakti Praja kantor Pemerintah Kabupaten Gresik, Jum'at (02/9/2022).

Turut hadir pada rakor tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Ir. H. Achmad Washil Miftahul Rachman, MT, Mewakili Kapolres Gresik Kompol Ari Galang saputra, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, Ketua Pengadilan Negeri Gresik Agus Walujo Tjahjono, Para Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, Pimpinan BUMD, Kepala BPS, Bulog Regional Surabaya Utara, dan Camat Se Kabupaten Gresik.

Mengawali sambutannya, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengatakan, di tingkat daerah berbagai inovasi kebijakan turut berperan besar dalam pengendalian inflasi, diantaranya ketersedian barang dan jasa, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi serta komunikasi yang efektif dalam mengelola persepsi masyarakat terhadap harga pasar," ungkap Bu Min.

"Saat ini kita menghadapi Inflasi di Jawa Timur termasuk di Kabupaten Gresik, harga pangan di Kabupaten Gresik masih cenderung stabil untuk itu kita siasati bersama termasuk salah satunya dengan melakukan operasi pasar," terangnya.

Selain itu, isu kenaikan harga BBM juga akan berpengaruh pada harga bahan pokok maupun komoditas lainnya di pasaran," ujar Bu Min.

"Operasi pasar harus tepat sasaran dan antisipasi kepanikan masyarakat terhadap isu kenaikan harga BBM serta melakukan pemantauan harga bahan pokok di pasar untuk memastikan ketersediaan barang dan kelancaran distribusi yang masuk ke Kabupaten Gresik," tambahnya.

Terakhir Wabup berharap melalui rapat koordinasi ini ketersediaan kebutuhan masyarakat, terutama sembako, serta terciptanya keterjangkauan harga pangan strategis di Kabupaten Gresik dapat terwujud," pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0817 Gresik Ahmad Saleh Rahanar menyampaikan, terima kasih atas kerjasamanya atas kesuksesan kegiatan Kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) di Kabupaten Gresik yang mendapat apresiasi secara langsung dari KASAD Dudung Abdurahman dan Pangdam V Brawijaya yang akan dijadikan percontohan oleh Kabupaten/Kota lain di Indonesia," ungkap Dandim.

Terkait pengendalian Inflasi dibutuhkan kerjasama antar daerah, antar OPD dan operasi pasar sangat diperlukan dalam pengendalian Inflasi daerah di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Gresik," singkatnya.

Sementara Wakapolres Gresik Kompol Ari Galang Saputra menyampaikan, dari segi presisi keamanan yang sudah dipetakan di wilayah Kamtibmas Polres Gresik terkait isu kenaikan harga BBM berdampak pada harga kebutuhan bahan pokok lainnya," ujarnya.

"Satgas pangan terus bergerak dalam pemantauan harga pokok di Kabupaten Gresik serta pemantauan kepada kelompok-kelompok terorganisir yang disinyalir akan melakukan penolakan terkait adanya kenaikan harga baik BBM maupun bahan pokok," tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir menjelaskan Inflasi dan Deflasi merupakan 2 hal yang pasti terjadi di negara yang sedang berkembang yang diperlukan kanal yang terprogram dengan baik," ungkapnya.

"Inflasi bisa disebabkan karena permintaan harga pasar yang tinggi yang disisi lain juga bisa meningkatkan ekonomi pada pelaku usaha dari petani nelayan maupun UKM dan UMKM jika mitigasi dilakukan secara tepat dalam pengendaliannya," terangnya.

"Kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan OPD terkait diharapkan dapat membuat inovasi serta langkah-langkah yang strategis dalam pengendalian inflasi daerah Ini,” harapnya.

Senada dengan Ketua, Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim menambahkan harus ada kanal yang secara substansial harus di program dalam rancangan yang harus diselesaikan pada pokok data problematika nya dalam pengendalian Inflasi daerah," singkatnya.

Pada kesempatan, Ketua Pengadilan Negeri Gresik Agus Walujo Tjahjono mengatakan kita lakukan survey harga pasar yang tepat dan tidak salah langkah agar tidak menjadikan gaduh Kamtibmas di Kabupaten terkait isu kenaikan harga BBM maupun bahan pokok lainnya," ujar Agus.

Kepala BPS Kabupaten Gresik Satriyo Wibowo dalam paparannya menyampaikan pemantauan terhadap perubahan hingga pada tingkat konsumen selama bulan Agustus 2022 di delapan kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Jawa Timur menunjukkan adanya kenaikan harga yang cukup tinggi di sebagian komoditas yang dipantau.

"Hal ini mendorong terjadi kenaikan indeks Harga Konsumen (IHK), di tahun 2000 - 2021 cenderung stabil pada tahun 2022 terjadi kenaikan inflasi yang disebabkan salah satunya dampak dari perang Rusia - Ukraina," tandasnya.

Mewakili Kepala Cabang Divisi Bulog Regional Surabaya Utara, Nara menyampaikan, Harga beras per Juni 2022 relatif naik disebabkan masih belum adanya produksi beras disebabkan belum adanya panen dan salah satunya juga faktor cuaca untuk sementara mengandalkan stok beras yang masih tersedia di Gudang Bulog.

"Ketersediaan Beras per hari ini yang ada di gudang Bulog Regional Surabaya Utara yang meliputi wilayah Sidoarjo, Surabaya dan Gresik sebanyak 7500 ton stok beras, untuk ketahanan stok beras dirasa masih aman untuk 3 Kab/Kota tersebut," pungkasnya. (dvd)

Baca Juga

Related Posts