qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Bendera Merah Putih Panjang 100 Meter Warnai Sedekah Bumi Dan Kirab Budaya Pemersatu Desa Dapet

GRESIK, GNN 

Pemdes Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, memiliki cara tersendiri dalam mempersatukan warga masyarakat yang tersebar di 3 Dusun (Dapet, Kedungdowo dan Sugiwaras) melalui Tasyakuran dan Sedekah Bumi yang diselenggarakan pada hari Sabtu 8 Oktober 2022 yang dipusatkan di Petilasan Ronggolawe atau sekitar area yang akan dijadikan pusat perekonomian dan wisata desa.

Adapun prosesi tersebut diawali dengan kirab hasil bumi yang dihias dan dibentuk gunungan yang diarak dari balai desa menuju pusat acara dengan dikawal secara kusus sejumlah orang dengan busana ala era Mojopahit, yang diikuti oleh Kartar dengan membentangkan bendera Merah Putih raksasa dengan panjang 100 meter dan lebar 4 meter. 

Selain itu dilokasi juga dilakukan kegiatan seremonial dan santunan yatim piatu dan doa bersama serta ditutup dengan pagelaran seni wayang kulit (malam hari) bersama Ki Dalang Sugilar Kondo Buwono.

Dalam sambutanya Kades Dapet Siswadi, SP.,  menyampaikan bahwa kegiatan ini selain untuk ungkapkan syukur atas nikmat Alloh swt. juga sebagai sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan warga desa Dapet, sehingga kedepan semakin bisa terbangun pemikiran bahwa kita adalah satu yakni Desa Dapet, tegasnya sembari menjelaskan tentang Dapet BEDA (DAPET yang Berdaya Dan Berdaulat).

Selain itu Siswadi menjelaskan bahwa momen ini dijadikan sarana url url budaya (melestarikan budaya) dan sekaligus pengembangan kemajuan desa melalui perencanaan pembangunan alun alun desa Dapet (Destinasi Desa Wisata Budaya) dengan harapan kedepan Desa Dapet bisa menjadi desa yang mampu membawa kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui potensi yang ada.

Tak lupa Siswadi juga menyampaikan terimakasih atas kerja keras panitia, keguyuban masyarakat, dan para donatur sehingga kegiatan ini bisa sukses seperti yang kita saksikan bersama, juga saya ucapkan selamat datang dan terimakasih atas jegadiran kepada semua hadirin baik dari DPRD Gresik, Muspika Balongpanggang maupun Kepala Desa sekitar, pungkas Kades yang juga ketua AKD Kecamatan Balongpanggang ini.

Acara tersebut dihadiri oleh Muspika Balongpanggang, Anggota DPRD Gersik Moh. Safik AM, Kades Klotok. Suheri, Kades Ganggang Awi. Kades Wahas H.Maskur, Kades Tanahlandean Feri serta perangkat serta dan masyarakat desa Dapet yang guyub rukun kerto Raharjo.

Meski sempat terjadi kemacetan panjang jalur Balongpangang - Dawarblandong namun kegiatan berjalan aman tertib dan terkendali yang menjadi wisata dadakan bagi pengguna jalan.(WLO)


Baca Juga

Related Posts