qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Gebyar HSN TPQ Alkarimi Gelar Khataman dan Kirab Santri

Gresik, GNN 
Masih dalam suasana hari santri nasional (HSN) lembaga Non Formal Taman pendidikan Alqur'an (TPQ) ponpes Alkarimi Tebuwung hari ini menggelar gebyar HSN dan khataman serta kirab santri dengan tujuan syiar Islam sebagai bentuk khidmah kepada ponpes Alkarimi dan lembaga pendidikan. Hal ini juga tidak lepas dari peran guru pengajar di TPQ yang selalu memberikan pengajaran, bimbingan, dan doktrin yang baik dalam membentuk karakter Aqidah Ahlussunah waljamaah Annahdliyah kepada santri TPQ

Kegiatan khataman dan imtihan bertempat di lapangan barat YPP Alkarimi Tebuwung dengan melibatkan undangan wali santri TPQ Alkarimi, kordinator TPQ Kecamatan Dukun, undangan kepala TPQ tetangga desa dan tokoh masyarakat Desa Tebuwung (25/10/2022)

Pada kegiatan Khataman dan imtihan dari 24 peserta wisuda TPQ dengan disaksikan oleh para hadirin dalam mengkhatamkan dan melafalkan beberapa juz atau jilid yang menjadi program TPQ baik bacaan tajwid dan Ghoribnya. Dan hasilnya Alhamdulilah santri TPQ Alkarimi dalam mengucapkan atau melafalkan pelajaran tajwid dan Ghorib hasilnya sempurna.

Disamping dites ngaji dan melafalkan bacaan Alqur'an santri TPQ juga dites oleh wali santrinya sendiri dengan berbagai pertanyaan baik doa bacaan surat pendek serta doa doa yang lain seperti berkendara, masuk dan keluar masjid, qunut, bacaan iftitah yang dipandu oleh kordinator TPQ Kecamatan oleh Ustad Munich dan cabang oleh KH Fathoni Abdus Syukur sebagai amanah TPQ korcab Gresik. Yai Fathoni sapaan akrabnya juga memberikan beberapa pertanyaan dan quis hadiah bagi santri yang bisa menjawab disamping disela sela itu beliau juga memberikan motivasi dan tausyiah.

Sementara itu giat kirab santri TPQ bersama Guru yang diberangkatkan oleh KH Abd Muhshi Pengasuh ponpes Alkarimi menambah semaraknya kegiatan tersebut. Nampak santri TPQ sangat antusias dan riang gembira dalam kirab tersebut sambil menyanyi shalawatan disetiap perjalanan kelilng Desa yang di pimpin oleh guru pendamping masing masing kelas. 

Dalam sambutanya KH Abd Muhshi mengatakan, semoga kirab santri dalam rangka khataman dan imtihan serta HSN ada guna dan manfaatnya untuk kita dan Ponpes Alkarimi." Alhamdulillah semoga santri yang telah imtihan dan lulus dasar ini bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya."jelasnya

Yai Muhshi menambahkan, semoga kedepan syiar seperti ini bisa dilanjutkan lebih besar lagi." Imbuhnya

Untuk diketahui acara ini dihadiri oleh Rais Syuriah MWC NU Dukun Dr KH Ahmad Thoyyib Mas'udi, ketua Tanfidziyah MWC NU Dukun KH Moh Sholeh, KH Muchtar Wahid, Pengurus YPP Alkarimi Tebuwung, Banser Satkorkel Tebuwung dan juga diramaikan satuan drumband Syahbana Nada Radja ponpes Raudlatul Darajad Paciran Lamongan penampilanya yang luar biasa walaupun dalam kondisi hujan deras ia tampil dengan full maksimal.(Syafik Hoo)
Baca Juga

Related Posts