qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Perluas Pelayanan Kesehatan dan Wisata Desa Menjadi Program Prioritas Desa Munggugianti

Gresik, GNN 

Musrengbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan, dan biasanya diselenggarakan menjelang penghujung tahun, seperti yang diselenggarakan di Desa Munggugianti, Kecamatan Benjeng kali ini (10/10/2022), yakni Musrengbangdes tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) 2023 dan Daftar Usulan RKPDes Tahun 2024.

Acara tersebut dihadiri Kepala Desa Fathur Rozi dan perangkat desa, Ketua BPD Siswanto dan Anggota, RT, RW, PKK, Kartar, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Camat Benjeng Dra. Hj. Siti Sulichah dan jajarannya, Perwakilan dari Polsek dan Koramil Benjeng, Pendamping Desa Lutfi Hambali, serta undangan lainnya.

Ketua BPD Siswanto dalam sambutanya menyampaikan bahwa Kegiatan ini sudah dimulai sejak bulan Juli 2022 sesuai dengan tahapan, diabtaranya pembentukan tim, penggalian gagasan baik ditingkat RT maupun Dusun.

Siswanto juga berharap agar program wisata desa menjadi bagian dari sekala prioritas pembangunan ditahun depan (masuk dalam pembahasan dan perencanaan saat ini)

Selain itu Ia juga berharap Bantuan (suport) anggaran kegiatan karnaval desa ada penambahan tidak hanya satu juta saja mengingat karnaval desa Mungguganti sudah menjadi bagian dari identitas desa yang bisa menjadi bagian dari wisata desa, pungkasnya.

Sementara Kepala desa Fathur Rozi, S.Sos., menyampaikan apa yang sering menjadi pemabahasan dimasyarakat yakni Bantuan sosial (bansos) yang sering dianggap tidak tepat sasaran, untuk itu perlu disampaikan kepada masyarakat agar warga yang tidak mendapatkan dan merasa berhak mendapatkan (merasa tidak mampu/miskin) bisa mendaftarkan diri secara online atau melalaui perangkat desa, sehingga terdaftar dalam DTKS, 

Selain itu Rozi juga mengabarkan bahwa secara kewajiban pajak, Desa Munggugianti 100 % lunas, hal ini sebagai bukti bahwa masyarakat Munggugianti sadar akan kewajiban dalam membayar pajak, hanya saja tetap ada kendala dari tanah yang dimiliki oleh orang luar desa.

Ia juga menjelaskan bahwa perencanaan Pembangunan yang sudah tertuang didalam RPJMDes ini adalah hasil dari penggalian gagasan dan usulan dari warga masyarakat Desa Munggugianti dan Insya Allah sudah masuk dalam perencanaan pembangunan desa Munggugianti semuanya, jadi tinggal ikhtiar bersama untuk mewujudkan perencanaan pembangunan desa Munggugianti agar segera bisa kita realisasikan disetiap tahunnya, sekaligus berharap kepada semua pihak tidak jenuh jenuh untuk mengikuti Pelatihan dan Bimtek guna peningkatan kapasitas. 

Tak lupa Saya mengucapkan terimakasih kepada Pendamping Desa yang selama ini selalu siap sedia mendampingi, memfasilitasi dan membantu Desa Munggugianti baik secara ide gagasan maupun penguatan aturan dan regulasi dan administrasi, 

Sementara Camat Benjeng Hj. Siti Sulichah pada kesempatan tersebut mengapresiasi Desa Munggugianti sebab  perencanaan pembangunan desa Munggugianti sudah sangat lengkap, dan sudah sesuai dengan skala prioritas penggunaan dana desa tahun 2023.

Saya berharap tahun 2023 desa wisata yang sudah ada masterplannya, tahun depan sudah mulai dirasakan dan dinikmati oleh warga masyarakat, harapnya.(WLO)


Baca Juga

Related Posts