qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Camat Cerme Pantau Proses Perbaikan Tanggul Jebol Di Desa Dadapkuning

Gresik, GNN 

Camat Cerme H. Umar Hasyim bersama kades Dadapkuning Saikun pantau secara langsung proses perbaikan tanggul jebol di desa Dadapkuning guna memastikan perbaikan tanggul uang jebol, Senin, 28/11/2022.Sore

Diketahui jebolnya tanggul tersebut akibat hujan yang cukup lebat dan lama beberapa hari sebelumnya ditambah luapan banjir kali lamong yang terjadi mulai hari Jumat (25/11) di Wilayah Balongpanggang dan Benjeng, dan lupa tersebut menyebabkan jebolnya tanggul anak kali lamong disepanjang persawahan Desa Dadapkuning (26/11). 

Saat dilokasi Camat Cerme H. Umar Hasyim kepada Media GNN menceritakan bahwa dampak curah hujan yang sangat lebat hingga debet air yang mengalir  sangat tinggi sehingga tanggul tergerus luberan air, sampai mengakibatkan jebolnya tanggul.

Alhamdulillah, warga Dadapkuning dan warga desa Ngembung cepat tanggap dan  bersama sama kerja bakti berusaha untuk menutup tanggul yang jebol sehingga mengurangi luapan air masuk kepersawahan warga, terang Umar.

H. Umar Hasyim juga mengatakan selanjutnya  proses penanggulan di datangkan alat berat oleh dinas pekerja umum bidang sumber daya alam (SDA) dan Alhamdulillah tanggul bisa diperbaiki dengan lancar.

Senada juga disampaikan kepala desa Dadapkuning Saikun bahwa banjir luapan kali lamong pada hari Sabtu, 26 November 2022 dengan aliran arus yang terlalu deras sehingga membuat anak kali lamong di Dadapkuning jebol.

Ia juga menjelaskan bahwa ada tiga titik tanggul yang jebol, dua diantaranya masih  bisa diatasi oleh warga masyarakat Dadapkuning dengan gotong royong, tapi satu titik yang tidak sanggup mengatasinya dikarena terlalu besar arus air sehingga kami langsung menghubungi Dinas Pekerja Umum ( PU) dan Alhamdulillah alat berat dari dinas PU langsung didatangkan untuk menutup atau memperbaiki tanggul yang jebol tersebut.(mhr)

Baca Juga

Related Posts