qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Kecamatan Duduksampeyan Gelar FGD Percepatan Penurunan Stunting

Gresik, GNN 

Sebagai langka strategis atau upaya percepatan penurunan stunting diberbagai daerah banyak giat yang dilakukan secara bersama sama, baik itu sosialisasi, pendataan dan penanganan, seperti yang dilaksanakan oleh Kesra Kecamatan Duduksampeyan saat ini (7/11/2022) yakni selenggarakan forum group discussion (FGD) di Aula kantor kecamatan Duduksampeyan.

Acara yang dibuka langsung oleh Camat Duduksampeyan M.Dedy Hartadi, menghadirkan narasumber dari anggota Komisi III DPRD Gresik M. Hamzah Takim S.P., M.HP., dan diikuti oleh seluruh Bidan Desa se-wilayah kecamatan Duduksampeyan.

Pada kesempatan tersebut, selaku narasumber Hamzah Takim menyampaikan bahwa dalam penangan stunting ada beberapa hal yang perlu dan direalisasikan diantaranya :

- Pentingkanya membangun komunikasi dan kolaburasi lintas sektoral, artinya melibatkan semua pihak.

- Perlunya perencanaan dan validasi data yang matang, sehingga bisa maksimal dalam mengambil tindakan (penangan stunting).

Politisi Golkar ini juga mengingatkan bahwa faktor genetik dan juga psikologi kedua orang tua bisa menjadi sebab stunting, jadi ini harus diperhatikan, sehingga perlu pengawasan dan pengawalan yang extra pada ibu hamil dan pasangan baru yang hendak melangsungkan pernikahan agar bisa melakukan antisipasi agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan termasuk stunting Ini.

Selain pembahasan Stunting, Hamzah Takim juga mengabarkan bahwa saat ini yang sedang diperjuangkan dan menjadi perioritas di Kecamatan Duduksampeyan ini adalah bagaimana PDAM tahun 2023 bisa direalisasikan untuk wilayah Duduksampeyan.

Sementara Camat Duduksampeyan M. Dedy Hartadi berharap agar selalu dilakukan koordinasi dengan kecamatan sebab ini merupakan problem bersama yang juga harus ditangani secara bersama baik dari Dinkes melalui UPT Puskesmas dan Muspika ( Forkopimcam) bahkan unsur unsur lain yang Ada kaitannya dengan permasalahan stunting.

Sekali lagi saya berharap agar kita kerja bersama sama, sehingga tidak hanya puskesmas saja yang melakukan ini, agar dalam penanggulangan ataupun penanganan stunting bisa sesuai harapan, serta anak anak kita menjadi generasi penerus yang sempurna sebab masa depan bangsa ada di pundak mereka kelak, pungkasnya.(WLO)


Baca Juga

Related Posts