qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Dorong Geliat UMKM, Bangkitkan Ekonomi Daerah, Pemkab Gresik Gandeng Perusahaan Gelar Pameran Industri dan UMKM

Gresik, GNN  

Pemerintah Kabupaten Gresik, melalui Dinas Penananaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP). Bekerjasama dengan TP PKK mengadakan pameran industri dan UMKM. 

Kegiatan yang digelar di atrium Gressmall Gresik tanggal 13 sampai 15 Desember 2022 tersebut diikuti 18 peserta pameran dari beberapa perusahaan, industri dan UMKM di Kabupaten Gresik.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mengatakan, hubungan industrialisasi dengan UMKM sangat erat, karena industrialisasi juga mempunyai tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar.

"Saya berharap adanya sinergitas antara pihak pengusaha atau industri dengan UMKM khususnya UMKM yang tergabung dalam program Bunda Puspa. Pemerintah Kabupaten Gresik mendorong UMKM, dan ini harus bisa dirasakan oleh masyarakat, "tegasnya.

Dirinya menilai, beberapa produk UMKM dari Gresik sudah dikenal bahkan dipakai oleh daerah lain seperti batik dan tenun khas dari Kabupaten Gresik. "Ini menandakan bangkitnya UMKM tidak lepas dari peran industrialisasi di Kabupaten Gresik, "ujar bupati saat membuka pameran, Selasa (13/12/2022).

Orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Gresik itu juga mendorong UMKM agar tercatat dalam sistem E-Katalog lokal milik pemerintah pusat dan daerah. "Ini dilakukan agar ada keterlibatan belanja terhadap produk UMKM di Kabupaten Gresik, "kata bupati.

Dikatakan, belajar dari pandemi covid-19 yang menghantam perekonomian selama dua tahun UMKM kita justru menunjukkan gairah hasil produknya untuk lebih bangkit.

"Disini ada peran TP PKK, yang terus mendorong dan melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM hingga bawah, untuk mewujudkan kesejahteraan, "tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Gresik memberikan anugerah dan penghargaan kepada PT. Freeport Indonesia atas realisasi investasi sebesar Rp 6,879 triliun dan PT. Dharma Graha Utama kategori Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan realisasi investasi sebesar Rp 388 miliar.

Penghargaan juga diberikan kepada PT. Smelting atas capaian tertib Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dengan tambahan realisasi investasi tertinggi Penanaman Modal Asing (PMA) dan PT. Berlian Manyar Sejahtera dengan tambahan realisasi investasi tertinggi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Sedangkan kontribusi retribusi daerah terbesar diberikan kepada PT. Wilmar Nabati Indonesia dilanjutkan kecamatan dengan NIB terbanyak Online Single Submission (OSS) diberikan kepada Kecamatan Manyar.

Selain itu, Bupati Gresik juga menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Perizinan Berusaha masing-masing diberikan kepada Yayasan Darul Ihsan, RS Muhammadiyah, Klinik MWC NU Panceng, Klinik Kimia Farma, Klinik Kecantikan, Yayasan Roudlatun Nafilah, Kilink dan Apotek Semen Gresik, Apotik Kimia Farma GKB, Yayasan Syifaul Qulub, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Pendamping Bunda Puspa Kelurahan Kramat Inggil.

Tidak hanya itu, NIB Sertifikat Halal juga diberikan kepada UMKM Rakyat Pantura Bersatu dan UMKM Kelompok Pelopor Usaha Gresik (KPUG). Penghargaan Lomba Cipta Menu tingkat Provinsi Jawa Timur juga diberikan kepada TP PKK Kecamatan Wringinanom.

Turut diserahkan juga juara lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tingkat Kabupaten kepada juara 1 BUMdes Unggul Makmur Desa Sungon Legowo Kecamatan Bungah, juara 2 BUMDes Dharmawangsa Desa Petung Kecamatan Panceng dan juara 3 BUMDes Makmur Sejahtera Desa Pongangan Kecamatan Manyar.

Usai serahkan penghargaan, Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani didampingi sejumlah OPD lingkup Pemkab Gresik dan pengusaha meninjau stan peserta pameran industri dan UMKM.

Turut mendampingi Bupati Gresik, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Reza Pahlevi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Abu Hassan, dan Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani. (dvd).

Baca Juga

Related Posts